MINI Paddy Hopkirk Edition, Hanya 10 Unit di Indonesia

MINI Paddy Hopkirk Edition, Hanya 10 Unit di Indonesia

Hari ini MINI Indonesia dengan bangga rayakan kemenangan pertama classic MINI pada kejuaraan legendaris Monte Carlo Rally pada tahun 1964 dengan meluncurkan edisi khusus MINI Paddy Hopkirk Edition sebanyak 10 unit dalam varian berbasis MINI Cooper S 5 Door.

57 tahun telah berlalu, namun kenangan akan kejayaan besar yang diraih oleh compact cars dengan nomor start 37 itu tidak pernah pudar. Pada tahun 1964, Mini Cooper S klasik itu meraih kemenangan pertama dari tiga kemenangan brand Mini di Reli Monte Carlo yang legendaris. Di belakang kemudi mobil itu: pembalap reli Irlandia Utara berusia 30 tahun Patrick “Paddy” Hopkirk beraksi.

MINI Paddy Hopkirk Edition, Hanya 10 Unit di Indonesia

Jodie O’tania, Communications Director BMW Group Indonesia mengatakan, banyak hal yang berubah di dunia MINI sejak kemenangan Paddy Hopkirk di reli Monte Carlo 1964. Tapi sesuatu yang tidak pernah berubah selamanya adalah semangat MINI sebagai penantang di segmennya, keberanian dan kegigihan untuk terus menginspirasi dan menjadi yang terdepan. Untuk itu MINI Indonesia memutuskan untuk menghadirkan kendaraan spesial yang sangat sesuai untuk merayakan semangat tersebut.

“Momen MINI sebagai penantang yang paling legendaris – kemenangan Monte Carlo pertama Paddy Hopkirk. MINI Paddy Hopkirk Edition hadir dalam varian berbasis MINI 5 Door Cooper S, lengkap dengan fitur desain yang eksklusif dan unik. MINI Edisi Khusus ini hanya tersedia untuk 10 fans MINI di Indonesia,” kata Jodie.

Sementara Kidd Yam, Head of MINI Asia mengungkapkan bahwa MINI kini menghadirkan edisi khusus dengan desain eksklusif dan fitur terbaru untuk menandai salah satu pencapaian paling spektakuler dalam sejarah balap mobil internasional.

“Salah satu pengingat yang jelas terhadap mobil Hopkirk di Mini klasik adalah nomor start 37, yang ditampilkan dalam bentuk yang lebih stylish pada pintu pengemudi dan penumpang edisi khusus ini. Tidak hanya nomor start yang terkenal dan mesin yang bertenaga, warna body Chili Red dan atap putih dari edisi khusus ini terinspirasi oleh kendaraan Hopkirk di tahun 1964,” ungkap Kidd.

MINI Paddy Hopkirk Edition, Hanya 10 Unit di Indonesia

Kemenangan Hopkirk di Mini Cooper S dirayakan dengan meriah oleh penonton di lokasi dan penggemar balap mobil di Inggris. Mengemudikan mobil Inggris kecil dengan co-driver Inggris Henry Liddon, Hopkirk melawan pesaing dengan tenaga mesin yang jauh lebih besar. Rumus handicap yang berlaku pada saat itu adalah perbedaan dalam berat kendaraan dan output mesin dikompensasikan dengan posisi start.

Namun faktor penting dalam balapan yang menantang di jalan pedesaan, melewati gunung, melalui bukit salju, tikungan tajam dan menuruni lereng curam adalah kelincahan dan keandalan Mini Cooper S dan keterampilan mengemudi Hopkirk. Kemenangan mengejutkan di Monte Carlo membuat Paddy Hopkirk menjadi pembalap reli paling terkenal di Inggris dalam semalam. Pada saat yang sama, Mini klasik tiba-tiba masuk dan menjadi favorit penonton, hingga menjadi legenda balap mobil. Status ini didukung pada tahun-tahun berikutnya ketika Mini Cooper S mendominasi Reli Monte Carlo. Rekan satu tim Hopkirk di Finlandia, Timo Mäkinen dan Rauno Aaltonen menambahkan dua kemenangan beruntun ke koleksi gelar pada tahun 1965 dan 1967,” tambah Kidd.

Kemenangan beruntun di Monte Carlo Rally terus menginspirasi para penggemar MINI di seluruh dunia hingga saat ini. Dengan MINI Paddy Hopkirk Edition, mereka sekarang memiliki kesempatan untuk mengekspresikan hasrat mereka pada dunia motorsport dengan cara yang sangat otentik. Model edisi ini menggabungkan cat eksterior dalam gaya pemenang reli bersejarah, dikombinasikan dengan velg 17 inci John Cooper Works light-alloy wheels in Track Spoke Black design dan banyak aksentuasi lainnya dalam warna hitam.

MINI Paddy Hopkirk Edition, Hanya 10 Unit di Indonesia

Rangka dan penyangga horizontal kisi-kisi radiator difinishing dengan warna hitam mengkilat, begitu pula kisi lower air-intake untuk saluran udara, bukaan di kap mesin, gagang pintu, tutup pengisi bahan bakar, gagang pintu, logo MINI di depan dan belakang serta sekeliling untuk lampu depan dan belakang semuanya menggunakan warna black-gloss.

Fitur eksklusif lainnya yang membedakan MINI Paddy Hopkirk Edition dari varian standar MINI Cooper S termasuk aerodynamic kit John Cooper Works dengan spoiler belakang, jok John Cooper Works Dinamica Leather Carbon Black, setir John Cooper Works dengan paddle shifter dan anthracite headliner untuk kesan sporty lebih menonjol.

Nomor start 37 juga muncul pada elemen indikator samping yang dikenal sebagai side scuttles. Fitur luar biasa lainnya adalah lampu depan LED dan lampu belakang berdesain Union Jack, stiker dengan tulisan “Paddy Hopkirk Monte Carlo” dan satu garis bonnet putih di sisi kiri kap mesin memiliki tanda tangan pemenang “Monte” 1964. Selain itu, kombinasi nomor dan huruf 33 EJB yang terkenal dari plat nomor mobil pemenang Monte Carlo 1964 ditampilkan pada strip kap mesin menggunakan grafik efek 3D.

MINI Paddy Hopkirk Edition, Hanya 10 Unit di Indonesia

Tanda tangan Paddy Hopkirk juga muncul pada interior trim strip di sisi penumpang, yang merupakan bagian dari permukaan interior dengan warna Piano Black high-gloss. Fitur desain eksklusif lainnya adalah garis pintu dengan LED bertuliskan nama “Paddy Hopkirk”. The MINI Excitement Package dan Comfort Access juga disertakan dalam MINI Paddy Hopkirk Edition. Auxiliary headlights dalam Piano Black, tutup kunci dengan nomor start 37 dan Waistline Finisher dalam Piano Black untuk trim strip antara bodi dan kaca semuanya hadir sebagai standar yang hanya tersedia di edisi khusus ini.

Teknologi terbaru pun sudah disematkan pada kendaraan edisi khusus ini, mulai dari Digital Cockpit dengan layar 5 inchi, Apple CarPlay dengan konektivitas nirkabel, rear-view Camera dengan parking assistant, hingga MINI Navigation System 6,5 inchi terbaru yang dilengkapi dengan layar sentuh.

MINI Paddy Hopkirk Edition, Hanya 10 Unit di Indonesia

“10 unit MINI Paddy Hopkirk Edition kini tersedia di seluruh jaringan diler resmi MINI Indonesia, yaitu Maxindo MINI dan Plaza MINI. Jadwalkan kunjungan anda ke diler MINI Indonesia untuk melihat rangkaian model terbaru dari MINI. Protokol Kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 diterapkan secara ketat di seluruh jaringan diler MINI”, tutup Jodie.

KOMENTAR (0)