Mobil ‘Amfibi’ Chevrolet Corphibian 1961 Siap Dilelang

Mobil 'Amfibi' Chevrolet Corphibian 1961 Siap Dilelang

Pada tahun 1961, Chevrolet memperkenalkan Corvair 95 Greenbriar Van dan Rampside Pickup. Menggunakan wheelbase 95 inci, keduanya melengkapi line-up pada berbagai model Corvair, yang terdiri dari sedan, wagon, coupe, convertible, hingga van dan pick-up.

Semua model Corvair ini dilengkapi dengan mesin flat-six enam silinder dan menggunakan transmisi manual maupun otomatis Powerglide, dan, seperti kebanyakan mobil dari era 1960-an, bisa dibangun sesuai keinginan pelanggan. Namun, dari keseluruhan model tersebut, Corvair yang satu ini sepertinya menjadi model yang paling unik, yang disebut Corphibian Prototype, dan akan dilelang di acara Mecum Kissimmee 2016, pada 15-24 Januari mendatang.

Dibangun oleh Chevrolet Engineering bekerjasama dengan Hulten-Holm Company of Pontiac, Michigan, Corphibian adalah kendaraan amfibi yang dibangun berbasiskan pick-up Rampside dengan fitur yang unik. Menampilkan bodi fiberglass yang diperpanjang, prototipe ini memungkinkan pengguna untuk menikmati perjalanan di darat dan air, dan tampaknya tak jauh berbeda dengan Amphicar Model 770 yang diluncurkan pada tahun yang sama.

Mobil 'Amfibi' Chevrolet Corphibian 1961 Siap Dilelang

Namun, berbeda dengan Amphicar, hanya satu unit prototipe Chevrolet Corphibian saja yang pernah dibangun. Baru menempuh 157 mil (252 km) pada odometernya, Corphibian ini pun masih berada dalam kondisi yang luar biasa menakjubkan, dengan mempertahankan mesin berpendingin udara aslinya, transmisi otomatis dan dua baling-baling. Pada eksterior, mobil juga dibalut livery warna merah-putih dan masih menggunakan ban aslinya.

Mobil 'Amfibi' Chevrolet Corphibian 1961 Siap Dilelang

Sementara, bagian interior juga masih dalam kondisi yang luar biasa rapih dengan pelapis, panel pintu, trim, roda kemudi dan lantai yang terawat. Dashboard masih terlihat seperti baru, dilengkapi dengan radio. Selain itu, roda kemudinya juga dapat dikontrol dari dalam kabin maupun dari bak belakang, sehingga memungkinkan pengemudi dan pengendara untuk menikmati udara bebas di belakang mobil saat berlayar di danau.

Mobil 'Amfibi' Chevrolet Corphibian 1961 Siap Dilelang

Dilengkapi dengan materi promosi asli dan surat pernyataan yang ditandatangani Richard Hulten dan Roger Holm tertanggal 30 Juli 1995, ini adalah kesempatan yang unik untuk memiliki salah satu kendaraan paling langka yang pernah dibuat. Sebuah prototipe yang sangat menakjubkan, satu-satunya dan tentunya, akan menarik minat para penggemar Chevrolet dan Corvair. Nah, silakan klik disini untuk informasi lebih lanjutnya. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)