Roy Suryo Ingin Pulangkan MB Phaeton 1894

Roy Suryo Ingin Pulangkan MB Phaeton 1894

Mercedes-Benz, atau dikenal juga dengan sebutan Mercy, merupakan merk mobil lansiran Jerman yang terkenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Selidik punya selidik, ternyata Indonesia telah lebih dulu memiliki mobil lansiran awal Mercedes-Benz ketimbang Belanda. Mobil tersebut adalah Benz Phaeton keluaran 1894, yang dibeli oleh Sri Susuhunan Paku Buwono X, Sunan Surakarta kala itu.

Mobil Benz yang saat ini berada di Den Haag, Belanda itu masih utuh dan rodanya terbuat dari kayu. Terkait hal ini, Menpora sekaligus penggemar mobil Mercedes-Benz, Roy Suryo, pun berjanji memulangkan Benz Phaeton 1894 itu ke Tanah Air.

“Mobil itu saat ini berada di Den Haag, Belanda. Saya bertekad agar mobil itu bisa dibawa ke Indonesia,” kata Roy di Jakarta, Sabtu (23/11).

Roy Suryo Ingin Pulangkan MB Phaeton 1894

Roy telah meminta bantuan kepada Presiden dan CEO Mercedes-Benz Indonesia, Claus Weidner, agar ikut membantu memulangkan mobil tersebut. Karena, Benz Phaeton 1894 itu merupakan kebanggaan bangsa Indonesia.

“Insya Allah, mobil pertama di Indonesia itu akan bisa pulang kembali ke Indonesia,” ujar Roy lagi.

Menurutnya, keberadaan mobil Benz buatan Jerman itu di Tanah Air akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat.

“Kita harus bangga bahwa mobil pertama yang masuk ke Indonesia adalah Mercedes-Benz. Bahkan saat ini, mobil Mercedes-Benz lebih banyak di Indonesia dibanding negara asalnya, Jerman,” pungkas Roy. **MS/Antara

TAGS

KOMENTAR (0)