SPBU Pertamina Ini Sediakan Pengisian Daya untuk Kendaraan Listrik

SPBU Pertamina Ini Sediakan Pengisian Daya untuk Kendaraan Listrik

PT Pertamina (Persero) Tbk meresmikan Green Energy Station (GES) di SPBU Pertamina 31.129.02 di Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta (10/12). GES akan menjadi sarana pengisian daya untuk kendaraan listrik yang akan menjadi kendaraan di masa depan. GES juga Pilot Project Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan ikut hadir dan meresmikan langsung GES. “Kami mengucapkan selamat atas inisitif baru dari Pertamina untuk menerapkan energi baru terbarukan di kegiatan usaha pertamina. Diharapkan ke depan seluruh SPBU Pertamina juga bisa menggunakan solar panel untuk penerangan,” ungkapnya.

SPBU Pertamina Ini Sediakan Pengisian Daya untuk Kendaraan Listrik

Jonan juga menjelaskan bahwa di masa mendatang, mobil listrik akan bersaing dengan kendaraan combustion engine. beralihnya dunia otomotif global dari Internal Combustion Engine (ICE) ke Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Electric Vehicles (EV), diprediksi akan mengakibatkan pengisian baterai kendaran jenis PHEV dan EV akan menjadi substitusi bagi pengisian fuel (bahan bakar minyak/BBM) kendaraan yang saat ini merupakan bisnis Pertamina.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, Pertamina siap menghadapi disruption business dari kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke arah kendaraan listrik. Pertamina akan menghadirkan fasilitas pengisian listrik untuk kendaraan listrik dalam rangka mengembangkan Ekosistem Bisnis Kendaraan Listrik kedepan.

SPBU Pertamina Ini Sediakan Pengisian Daya untuk Kendaraan Listrik

Konsep utama GES ada tiga. Pertama, Konsep Green yang memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di area SPBU yang dimiliki. Kedua, Konsep Future yang memiliki EV Charging Station.

Konsep Ketiga, yaitu Konsep Digital melalui MyPertamina yang menjadikan pembayaran di SPBU cashless serta adanya self-service. “Kedepan GES diproyeksikan akan menjadi tempat untuk pengisian baterai EV serta tempat untuk swapping baterai yang didedikasikan untuk sepeda motor listrik kecil,” ujar Nicke.

SPBU Pertamina Ini Sediakan Pengisian Daya untuk Kendaraan Listrik

Sedangkan dari pantauan tim OtoBlitz.net, di SPBU ini sudah terpasang 4 (empat) unit charging station dimana dua unit merupakan tipe fast charging yang mampu mengisi penuh baterai kendaraan listrik dalam waktu kurang dari 15 menit dan dua unit merupakan tipe normal charging.

KOMENTAR (1)

  1. an0nam3mouse
    13 December 2018

    Yang SPLU PLN belum ada berita perkembangan dan aplikasi android nya… Nampaknya udah lebih dulu