Strategi Joan Mir di Aragon Hasilkan Podium

Strategi Joan Mir di Aragon Hasilkan Podium

Kejuaraan MotoGP berlanjut di akhir pekan yang mendebarkan di Sirkuit Motorland, Aragon, Spanyol (12/09). Joan Mir dan Alex Rins sama-sama memilih kombinasi ban keras-lunak menjelang balapan sebanyak 23 lap. Meskipun masing-masing harus memulai dari posisi 7 dan 20 di garis start, namun keduanya siap bertarung.

Pada akhir lap pertama, Mir naik ke urutan 5 dan Rins ke urutan 15 yang kemudian naik ke urutan 12 saat lap keempat. Jarak antar pebalap semakin melebar dan saling menyesuaikan ritme balapan agar dapat mempertahankan kondisi ban mereka.

Strategi Joan Mir di Aragon Hasilkan Podium

Mir tetap mempertahankan posisi kelimanya sambil mengawasi jarak pebalap di belakangnya serta mengincar keempat pebalap di depannya. Kecermatannya dalam melihat kondisi dan peluang di lintasan membuat dirinya melampaui dua pebalap di depannya pada lap ke-12, sehingga menempatkan dirinya di posisi podium 3 hingga bendera finish dikibarkan.

Sedangkan Alex Rins berjuang menguasai grip depannya. Meskipun dia merasakan ada yang berbeda dari yang dialami sebelumnya saat latihan dan kualifikasi, namun pebalap Spanyol ini tidak menyerah di sirkuit yang dia sukai ini, dan terus berjuang hingga akhirnya bisa merebut posisi ke-12 di akhir balapan.

Strategi Joan Mir di Aragon Hasilkan Podium

Joan Mir yang menyadari celah yang semakin besar di depannya memutuskan untuk memainkan balapan dengan cara yang bijak, sambil menahan pebalap di belakangnya agar tidak terjadi pertukaran posisi, sekaligus untuk menambahkan poin kelasemen di akhir balapan.

Dengan hasil perolehan di AragonGP, Mir juga sanggup memimpin tim dengan naiknya Team Suzuki Ecstar MotoGP di klasemen Tim dan klasemen pabrikan.

Strategi Joan Mir di Aragon Hasilkan Podium

Joan Mir mengatakan, saya sedikit kecewa meskipun naik podium, karena saya tidak bisa secepat yang saya inginkan. Tetapi yang penting adalah saya berhasil benar-benar konsisten dan merasa nyaman di atas motor GSX-RR. Tim dan saya melakukan banyak upaya dan menghasilkan finish ketiga dengan bagus.

“Lintasannya sangat panas dan sepanjang akhir pekan sulit untuk mendapatkan grip dan feeling yang optimal, tapi saya terus berjuang dan podium ini memberi kami hal positif dan beberapa poin bagus. Kami akan terus mendorong untuk meningkatkan untuk putaran yang tersisa. Saya tidak memikirkan gelar, saya hanya ingin mendapatkan hasil terbaik di setiap balapan,” kata Mir.

Strategi Joan Mir di Aragon Hasilkan Podium

Sedangkan Alex Rins mengungkapkan bahwa ini adalah balapan yang sangat sulit. Pada bagian pertama saya menyalip banyak pengendara, tetapi kemudian ketika saya melaju di lintasan lurus yang panjang saya cepat tetapi saya juga ingin menjaga kondisi ban. Saya naik ke posisi 12 dan kemudian saya mulai merasa cukup aneh dengan tidak banyak grip seperti biasanya.

Strategi Joan Mir di Aragon Hasilkan Podium

“Saya ingin melakukan balapan sebaik mungkin, tetapi pada akhirnya saya tidak bisa mendapatkan posisi lebih tinggi lagi. Saya tidak merasa begitu buruk karena saya mendapatkan banyak tempat dibandingkan dengan posisi grid start saya, dan saya siap untuk lanjut ke Misano dan berusaha lagi,” ungkap Rins.

KOMENTAR (0)