Tesla Persiapkan Teknologi Pengganti Autopilot Tanpa Radar

Tesla Persiapkan Teknologi Pengganti Autopilot Tanpa Radar

Tesla tampaknya sedang mempersiapkan peralihannya ke arah teknologi Autopilot pandangan dan Full Self-Driving yang hanya bisa dilihat oleh penglihatan. pengembangan teknologi ini mulai terbaca di situs web resmi Tesla untuk Model 3 dan Model Y, yang keduanya sekarang telah diperbarui untuk menghapus penggunaan radar.

Tesla Persiapkan Teknologi Pengganti Autopilot Tanpa Radar

Iterasi sebelumnya dari bagian Autopilot pada web Tesla menunjukkan bahwa sistem bantuan pengemudi memiliki visibilitas 360 derajat, 160 meter Forward Protection (radar), dan 12 sensor ultrasonik. Dengan pembaruan tersebut, kini bagian Autopilot Tesla di situs webnya bertambah menjadi visibilitas 360 derajat, Powerfull Visual Proceasing 250 meter, dan 12 sensor ultrasonik.

Elon Musk mengumumkan penghapusan radar dari rangkaian sensor Tesla akan dilakukan awal tahun ini. Maret mendatang, Musk menjelaskan bahwa pergeseran teknologi Autopilot ke arah  visual murni adalah jalan menuju ” Artifical Inteligent sebenarnya”. Musk juga mengatakan bahwa sistem visual Tesla akan menggunakan FSD Beta V9.0 terbaru yang akan menghadirkan peningkatan sempurna atas kinerja sistem yang digunakan saat ini.

Tesla Persiapkan Teknologi Pengganti Autopilot Tanpa Radar

Ketika ditanya tentang alasan di balik penghapusan radar Tesla, Musk menjelaskan bahwa teknologi visual ini memiliki ketepatan posisi yang jauh lebih tinggi. Ia juga menyatakan bahwa sensor dan kamera akan bekerja secara presisi dengan lebih banyak bit per detik dibandingkan radar. Dengan pemikiran ini, maka teknologi visual yang semakin baik serasa tepat untuk meninggalkan teknologi radar jauh di belakang.

Tesla Persiapkan Teknologi Pengganti Autopilot Tanpa Radar

Menariknya, Elon Musk memang memberikan beberapa detail baru tentang pembaruan FSD Beta V9.0 terbarunya awal bulan ini, sekaligus menjelaskan perbedaan antara sistem bantuan pengemudi versi v8 dan v9 akan menjadi “fenomenal.” Ia juga menyatakan bahwa masalah seperti pengereman mendadak kemungkinan akan diselesaikan dengan beralih ke teknologi terbaru ini.

Masih harus dilihat apakah teknologi terbaru Elon Musk ini bijaksana, meskipun poin-poin penting tentang keunggulan kamera patut diacungi jempol. Namun, sistem radar telah lama menjadi bagian terpenting dari rangkaian sensor Tesla, dalam menjaga kendaraan tetap aman di jalan, terutama saat jarak pandang rendah. Apakah ide terbaru Elon Musk tentang sistem bantuan pengemudi terbarunya benar-benar layak? Kita tunggu saja.

KOMENTAR (0)