Universitas Budi Luhur Perkenalkan Motor Listrik BL-SEV01

Universitas Budi Luhur Perkenalkan Motor Listrik BL-SEV01

Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mengembangkan kendaraan listrik, Universitas Budi Luhur membuat motor listrik bernama Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01). Motor bergaya Cafe Racer, ini resmi diperkenalkan secara hybrid off-line dan online, hari ini (14/01).

BL-SEV01 ini menjadi bukti, jika Universitas Budi Luhur turut mmengembangkan ilmu pengetahuan melalui riset kendaraan listrik. Dan diharapkan, dapat menjadi solusi kebutuhan mobilitas masyarakat di masa depan.

Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA mengatakan, Universitas Budi Luhur sudah lama merencanakan pengembangan mobil dan motor listrik.

Universitas Budi Luhur Perkenalkan Motor Listrik BL-SEV01

“Riset yang kami kembangkan ini menjadi bagian dari misi, dalam memfasilitasi dan memotivasi sivitas akademika untuk mencapai penelitian bermutu,” terangnya. Selain itu, juga melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas.

Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M., mengatakan, BL-SEV01 ini adalah motor yang 100% digerakkan menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Dikembangkan oleh akademisi Universitas Budi Luhur, didukung oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Sementara itu, desain dibuat oleh Atenk dari Katros Garage.

Seluruh komponen penting yang ada di motor ini, seperti motor, baterai dan modul semua dikembangkan oleh pengajar dan mahasiswa BL. Hasilnya, ketiga komponen utama dari sebuah motor listrik dikembangkan sesuai dengan dengan kondisi, karakteristik, dan medan di Indonesia. Semua komponen yang dikembangkan ini sudah teruji dan terbukti bisa berfungsi dengan baik setelah melalui rangkaian tes di laboratorium milik LIPI.

Universitas Budi Luhur Perkenalkan Motor Listrik BL-SEV01

BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt, tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere, mampu digunakan sampai 110 Km untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian baterai 4 jam.

Model cafe racer dipilih menegaskan performa dan kemampuan, sebagai sebuah motor sport yang kuat, tangguh, dan agresif. Desain ini disesuaikan dengan performa motor setara motor sport 300 cc.

KOMENTAR (0)