Volkswagen Golf MK I, Menginspirasi Tiap Generasi

Volkswagen Golf MK I, Menginspirasi Tiap Generasi

Volkswagen Golf produksi seri pertama diluncurkan dari jalur produksi di Wolfsburg pada bulan Maret 1974 dan tersedia di dealer mulai bulan Mei di tahun yang sama.

Meski bisa dibilang saat itu di mana Beetle mendominasi dengan mesin yang dipasang di belakang dan penggerak roda belakang selama beberapa dekade: era mesin yang dipasang di depan dipasang di seluruh bodi dan penggerak roda depan akhirnya muncul.
Scirocco dan Passat, diperkenalkan pada tahun 1973, telah memulai tren ini sesaat sebelumnya. Hadirnya Golf, kelas dengan volume tertinggi kini juga telah dikonversi ke teknologi baru.

Volkswagen Golf MK I, Menginspirasi Tiap Generasi

Golf Mk I yang kembangkan oleh Giorgetto Giugiaro harus memenuhi harapan yang sangat tinggi: Sebagai penerus Beetle legendaris yang telah diproduksi lebih dari 21,5 juta unit.

Golf Mk I harus melanjutkan kisah sukses dari mobil paling sukses di Amerika. Namun, konsep berkendara modern dan aman, ruang yang luas dengan tutup bagasi dan sandaran kursi belakang lipat, serta desainnya, begitu meyakinkan sehingga produksi Golf satu juta unit sudah dapat dirayakan pada bulan Oktober 1976.

Kembali mengingat kala itu, Volkswagen menulis tentang model baru: “Golf menawarkan ruang dan keamanan maksimum yang dapat digunakan. Ini tanpa kompromi diarahkan pada kepraktisan. Beltline rendah memberi pengemudi pandangan yang jelas dan kap yang miring menjamin bahwa jalan tepat di depan kendaraan selalu terlihat. Jendela belakang yang rendah membuat pengelihatan menjadi sangat mudah.​” Ini semua masih berlaku hingga hari ini.

Volkswagen Golf MK I, Menginspirasi Tiap Generasi

Sama seperti semua generasi Golf berikut, generasi pertama juga merupakan cerminan dari kemajuan teknis dan tren otomotif saat itu. Sebagai contoh, Volkswagen membuat kelas kendaraan lebih dinamis dengan diperkenalkannya Golf GTI pertama (1976). Pada tahun 1979 Volkswagen meluncurkan Golf Cabriolet – sementara mobil convertible paling laris di dunia – dan itu seperti menghirup udara segar untuk kelas kendaraan ini yang sudah dikenal sebagai Golf Klasse pada waktu itu.

Termasuk semua turunannya, seperti Cabriolet dan Jetta (saat itu dengan desain yang identik), 6,99 juta unit terjual di seluruh penjuru dunia – Golf telah terbukti menjadi penerus Beetle yang layak.

Angka penjualan tahunan Golf Mk I:

1974: Debut Golf pertama

1976: Golf ke-500.000 di bulan Maret
Golf 1.000.000 di bulan Oktober
GTI Golf pertama
Golf pertama dengan mesin diesel

1978: Golf ke-2.000.000 di bulan Juni
Debut versi Kelinci AS pada bulan Juli

1979: Golf ke 3.000.000 di bulan September
Cabriolet Golf Pertama
Debut Caddy van
Facelift

1982: Golf ke 5.000.000 di bulan Februari
Golf Pertama dengan mesin diesel turbocharged (GTD)

1983: Generasi pertama dihapus di Eropa barat
setelah 6,99 juta unit telah diproduksi

KOMENTAR (0)