Siapkan Model Listrik, Jeep Yakin Paling Ramah Lingkungan

Siapkan Model Listrik, Jeep Yakin Paling Ramah Lingkungan

Jeep adalah brand mobil asal AS yang telah berdiri sejak 1943 (dengan nama Willys-Overland), dan hingga kini masih bertahan sebagai produsen otomotif yang hanya memproduksi satu jenis kendaraan yaitu Sport Utility Vehicle (SUV), namun dengan berbagai varian (dan tujuan pembuatan)-nya.

Kini, Jeep bertujuan untuk menjadi merk SUV paling ramah lingkungan di dunia, yang menjadi klaim dari presiden global barunya, Christian Meunier, sehubungan dengan dorongan industri otomotif ke arah lini kendaraan elektrik.

Siapkan Model Listrik, Jeep Yakin Paling Ramah Lingkungan

Namun, tujuan tersebut tak berhenti hanya sekadar menjadi yang paling ramah lingkungan saja. Selama perjalanan bersama Jeep Gladiator di Selandia Baru, mantan presiden Infiniti ini mengatakan kepada Motoring Australia bahwa Jeep versi listrik ini akan menjadi “produk mobil terbaik yang pernah ada”, dan bahwa mereka akan mempertahankan ciri khas SUV off-road mereka.

“Tidak ada yang lebih keren bagi saya daripada mengemudi di hutan dalam keheningan,” kata Meunier kepada Motoring. Selain itu, Meunier menambahkan bahwa dorongan untuk Jeep listrik harus dimulai di tiga pasar utama terlebih dahulu, yaitu Eropa, Cina, dan Amerika Serikat. Jika berhasil, maka pasar lain akan mengikuti.

Siapkan Model Listrik, Jeep Yakin Paling Ramah Lingkungan

Dorongan Jeep untuk elektrifikasi telah dimulai. Wrangler PHEV telah dikonfirmasi untuk diluncurkan pada tahun 2020 mendatang, sedangkan Renegade dan Compass telah diberikan varian listrik di awal tahun ini. Dilaporkan juga bahwa setiap model Jeep akan memiliki varian listrik mulai tahun 2021.

Meunier juga menyebutkan bahwa cara sebuah mobil Jeep ‘berkomunikasi’ dengan Jeep lain di jalanan akan ditingkatkan dengan segera. Kendaraan Jeep dalam jarak dekat akan terdeteksi dan akan ditampilkan pada peta, dan keduanya akan dapat ‘berkomunikasi’ satu sama lain.

Siapkan Model Listrik, Jeep Yakin Paling Ramah Lingkungan

Selain itu, beberapa fitur teknologi tinggi juga sedang dipertimbangkan untuk mobil off-road populer tersebut. “Ada banyak hal lain yang dapat kita lakukan. Misalnya, kita dapat mendeteksi kedalaman air; jadi, akan ada banyak fitur keren yang segera datang,” pungkas Meunier. **MS

KOMENTAR (0)