Suzuki Burgman Street 125EX, Skutik Modern Berfitur Lengkap

Suzuki Burgman Street 125EX, Skutik Modern Berfitur Lengkap

Sebagai Agen Pemegang Merk (APM) otomotif satu-satunya yang memiliki lini produk lengkap di Indonesia, mulai dari mobil, sepeda motor, hingga mesin tempel kapal, Suzuki Indonesia terus berkomitmen untuk memperluas inovasi dalam hal pengembangan produk.

Akhir tahun lalu, Suzuki Indonesia mengenalkan Suzuki Burgman Street 125EX pada Oktober 2023. Skutik yang dipasarkan secara global ini didesain langsung oleh tim desainer berbakat Suzuki Motor Corporation (SMC) Japan yang mengutamakan kenyamanan berkendara dan kemewahan desain yang diyakini cocok dengan minat masyarakat di berbagai negara.

Skutik modern berfitur lengkap yang dihadirkan untuk menunjang mobilitas keseharian masyarakat ini merupakan produk pertama milik Suzuki yang menyematkan teknologi mesin Suzuki Eco Performance Alpha (SEP-α) di Indonesia.

Suzuki Burgman Street 125EX, Skutik Modern Berfitur Lengkap

Sejak diperkenalkan kepada publik Indonesia pada akhir tahun lalu, Suzuki Burgman Street 125EX berhasil mencuri perhatian dan meraih pemesanan yang cukup memuaskan. Skutik yang dipasarkan sebagai produk global Suzuki ini tinggal menunggu beberapa waktu lagi untuk resmi dimiliki oleh pelanggan di Indonesia.

Kehadiran Burgman Street 125EX ini pun tidak lepas dari peranan perancang, atau biasa disebut dengan desainer yang berasal dari Jepang. Ide dasar dari Burgman Street 125EX adalah menghadirkan kendaraan yang mewah, stylish dan tetap mengutamakan utilitas serta bermesin efisien, sehingga dapat digunakan diberbagai negara dengan karakter kebutuhan pengendara yang beragam.

Mengusung konsep desain “Unassuming Elegance” yang mengacu pada kemewahan dan kecanggihan pada skutik 125cc, Burgman Street 125EX yang berdimensi panjang 1.875 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.140 mm ini mengedepankan garis tampilan yang elegan untuk menunjukan kualitas terbaiknya.

Suzuki Burgman Street 125EX, Skutik Modern Berfitur Lengkap

Matsuzawa Shuji, Suzuki Motor Corporation Designer of Burgman Street 125EX mengatakan, Burgman Street 125EX ini dirancang dan didesain sedemikian rupa untuk menunjang kemudahan, kenyamanan, serta keamanan berkendara.

“Kami memadukan garis desain yang elegan dengan kekayaan konsep pada bodi motor dengan berbagai fitur untuk mengoptimalkan pengalaman berkendara yang penuh gaya,” terang Matsuzawa.

Matsuzawa juga menjelaskan lebih detail mengenai konsep dan keunggulan desain dari Suzuki Burgman Street 125EX. Dimulai dari keseluruhan desain sepeda motor yang elegan dengan garis dynamic body yang cenderung melengkung  menambahkan kesan yang mewah untuk menyasar gaya urban dengan penuh kebanggan.

Desain “Unassuming Elegance” dari Burgman Street 125EX ini juga dituangkan ke bodi dan rangka motor yang ringan serta rigid, sehingga dapat mengurangi berat kendaraan guna meningkatkan kenyamanan dan kelincahan saat bermanuver.

Suzuki Burgman Street 125EX, Skutik Modern Berfitur Lengkap

Penggunaan ban depan ukuran 90/90 dan ban belakang 100/80 dengan velg 12” cast aluminium yang dikombinasikan dengan jarak sumbu roda yang panjang dapat meningkatkan efisiensi sekaligus memberikan stabilitas yang lebih baik secara bersamaan ketika dikendarai di jalanan lurus, berkelok, maupun kondisi jalan yang kurang nyaman.

Suzuki Burgman Street 125EX memiliki ketinggian jok, floorboard, dan footboards yang sesuai dengan berbagai tipe tubuh, termasuk untuk masyarakat Indonesia pada umumnya, agar dapat memberikan kenyamanan saat berkendara, bahkan jika harus digunakan saat perjalanan jarak jauh.

Floorboard yang proporsional memungkinkan fleksibilitas terhadap posisi kaki untuk mempertahankan posisi berkendara yang nyaman, dengan desain cut-away pada bagian belakang yang bertujuan memudahkan untuk naik dan turun dari sepeda motor.

Suzuki Burgman Street 125EX, Skutik Modern Berfitur Lengkap

Posisi duduk dirancang agar lebih rileks sehingga tidak membuat pengendara cepat lelah. Ground clearance yang cukup tinggi juga memberikan rasa yang tenang dimanapun.

Keutamaan desain Suzuki Burgman Street 125EX juga dapat dilihat dari banyaknya fitur utilitas yang disematkan. Kompartemen depan sisi kiri yang tertutup, cukup besar untuk menampung barang pengendara seperti smartphone dan dilengkapi kontak USB 2A untuk mengisi daya smartphone.

Menambahkan kompartemen tersebut, terdapat juga kompartemen terbuka di sisi kanan depan yang cukup besar untuk menyimpan barang lainnya yang tidak membahayakan perjalanan.’

Suzuki Burgman Street 125EX, Skutik Modern Berfitur Lengkap

Selain itu, di bawah jok yang luas dan lega terdapat ruang bagasi berkapasitas 21,5L yang dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang-barang penting lainnya, dan melindunginya dari berbagai kondisi cuaca.

Komponen lainnya yang tidak kalah penting adalah penggunaan LED untuk lampu depan dan lampu belakang yang terang, ringkas, dan tahan lama, yang didesain menempati proporsional posisi rendah pada penutup depan dan menampilkan desain lensa terpisah yang khas, yang bertujuan memberi penerangan yang optimal sehingga pengalaman berkendara lebih baik dan lebih nyaman, terutama ketika jalanan gelap atau malam hari.

Suzuki Burgman Street 125EX, Skutik Modern Berfitur Lengkap

Suzuki juga menyematkan desain knalpot yang sporty dengan garis-garis tajam yang meningkatkan tampilan kualitasnya yang stylish, dengan desain yang memungkinkan roda belakang dilepas dengan knalpot terpasang, sehingga memudahkan ketika sepeda motor akan diservis.

KOMENTAR (0)