Lampu Rem Ketiga : Ini Dia Alasan Keberadaannya

Lampu Rem Ketiga : Ini Dia Alasan Keberadaannya

Saat ini nyaris tidak ada mobil yang tidak dilengkapi dengan third brake lamp (lampu rem ketiga) di bagian buritan. Sebut saja city car, hatchback, MPV, sedan, SUV hingga sports car, semuanya punya lampu rem ketiga. Sesuai namanya, lampu rem ketiga  umumnya terpasang  pada bagian  atas pintu bagasi bagian belakang mobil atau menyatu dengan spoiler atap. Pada satu sisi, kehadiran lampu rem ketiga  membuat penampilan mobil menjadi lebih stylish sehingga ada yang menganggapnya sebagai aksesoris tambahan.

Lampu Rem Ketiga : Ini Dia Alasan Keberadaannya

Sejatinya, lampu rem ketiga memiliki fungsi penting sebagai alat komunikasi dengan pengemudi kendaraan  lain untuk membantu respons pengereman  agar  mencegah tabrakan dari arah belakang. Pada beberapa negara, perangkat lampu rem ketiga menjadi fitur keselamatan yang wajib terpasang di mobil karena terbukti sangat efektif menekan angka kecelakaan akibat tabrakan dari arah belakang.

Lampu Rem Ketiga : Ini Dia Alasan Keberadaannya

Posisi lampu rem ketiga  yang tinggi berperan memudahkan pengemudi    kendaraan berpostur jangkung  untuk melihat dari jauh.  Dengan demikian, saat kendaraan  di depan melakukan pengereman, maka pengemudi kendaraan lain di belakangnya sudah mendapat informasi lebih dulu dan  memiliki waktu respons pengereman yang lebih baik sehingga bisa menekan potensi tabrakan dari belakang. Dengan melihat nyala lampu rem ketiga,  pengemudi kendaraan di belakang dapat bereaksi lebih cepat  dan melakukan tindakan yang diperlukan secara tepat seandainya terjadi pengereman mendadak karena sudah terinformasi lebih dahulu.

KOMENTAR (0)