Toyota Sera, Mendahului Masanya  

Toyota Sera, Mendahului Masanya  

Salah satu ikon Toyota yang berasal dari era tahun 1990-an adalah Toyota Sera. Dirilis tahun  1990, Toyota  Sera adalah fastback 2+2, tiga pintu dan berpintu kupu-kupu disertai styling futuristik berupa atap kaca dan tailgate keren. Bahkan Toyota mengklaim kalau Gordon Murray sang desainer legendaris  McLaren F1 terinspirasi oleh gaya desain pintu Sera yang keren.

Toyota Sera, Mendahului Masanya  

Sebelumnya, versi konsep dari Toyota Sera sudah muncul pada tahun  1988 memakai  nama  AXV-II yang secara umum sangat identik dengan versi produksinya.  Dan berbekal konfigurasi FF (mesin depan, penggerak roda depan), Toyota Sera secara mekanikal serupa dengan Toyota   Tercel dan Toyota  Paseo. Terkait performa, Toyota Sera didukung mesin empat silinder  1.5-liter  104 hp dan 130 Nm serta transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed.  Bobotnya juga enteng, hanya 890 kg yang dicapai berkat teknik konstruksi bodi  ringan yang canggih. Toyota Sera juga menjadi salah satu mobil pertama yang dilengkapi lampu depan model  projection.

Toyota Sera, Mendahului Masanya   Toyota Sera, Mendahului Masanya  

Sejatinya, Toyota berharap dapat memasarkan Sera. Sayang sekali  ekonomi Jepang mengalami depresi yang memaksa Toyota menghentikan produksi Sera pada tahun  1995. Dengan total produksi sebanyak 15.941 unit dalam kurun waktu 1990-1995, wajar kalau Toyota  Sera menjadi buruan para kolektor mobil-mobil JDM.

 

TAGS

KOMENTAR (0)