Ini Dia Tempat Alternatif Cari Spare Part Seken

Ini Dia Tempat Alternatif Cari Spare Part Seken

Tak ada rotan akar pun jadi. Mungkin pepatah ini berlaku bagi para penggemar mobil lawas yang kesulitan untuk mencari spare part ataupun aksesoris mobil kesayangan. Memang, selama ini mencari spare part mobil klasik yang orisinal bisa dibilang cukup sulit; kalaupun ada, biasanya harganya akan cukup tinggi.

Jika sudah begini, biasanya pemilik mobil klasik akan beralih mencari spare part bekas yang masih bisa digunakan kembali. Alternatif lokasinya adalah tempat-tempat penampungan mobil rongsokan atau yang biasa dikenal dengan istilah ‘kampakan’, yang cukup banyak tersebar di wilayah Jabodetabek.

Ini Dia Tempat Alternatif Cari Spare Part Seken

Nah, salah satu lokasi ‘kampakan’ mobil bekas ini ada di daerah Jl Simatupang, Ragunan Jakarta Selatan. Lokasi tumpukan mobil rongsokan ini ternyata telah sering disinggahi oleh para penggemar mobil-mobil lawas yang ingin ‘mendandani’ mobil mereka.

Di tempat ini, Anda akan menemukan sekitar 20 penjual spare part seken. Barang-barang yang ditawarkan pun lumayan lengkap, mulai dari piston, gearboks, master rem, radiator, shockbreaker, grille, lampu sen, hingga kemudi dari berbagai merk.

Ini Dia Tempat Alternatif Cari Spare Part Seken

Ahmad Zakaria, salah satu pedagang spare part di lokasi ini, mengatakan bahwa ia mulai membuka usahanya ini sejak tahun 1990-an. Barang-barang yang ia jual di tempat ini didatangkan dari Jakarta dan daerah sekitarnya.

Menurut pria asal Madura ini, banyak faktor yang melatar belakangi seseorang untuk membeli spare part bekas. Selain karena memang harganya yang lebih murah, barangnya pun juga orisinal. Namun, dalam membeli spare part bekas, Ahmad menyarankan agar pembeli memiliki pengetahuan dan ketelitian tentang onderdil mobil, agar bisa benar-benar mendapatkan barang yang bagus dan memang masih layak digunakan.

Ini Dia Tempat Alternatif Cari Spare Part Seken

Uniknya, spare part yang dijual Ahmad ternyata masih banyak yang terpasang di dalam mobil rongsokan yang ada di lokasi. Jadi, ketika ada pembeli yang datang mencari spare part mobil merk tertentu yang belum dicopot olehnya, tak jarang sang pembeli pun harus mencopot sendiri spare part yang diinginkan.

Ini Dia Tempat Alternatif Cari Spare Part Seken

Nah, jika Anda ingin mencari lokasi alternatif untuk membeli spare part seken dengan harga lebih murah, bisa mencoba lokasi ‘kampakan’ ini. Dan, jangan sungkan untuk menawar harga spare part yang ingin dibeli! **MS

TAGS

KOMENTAR (0)