Tokyo Motor Show - Left ad
Tokyo Motor Show -Right ad

Ban Mobil Sobek? Datang Saja ke Setuju Motor, Ahlinya Reparasi Segala Jenis Ban!

Ban adalah piranti yang menutupi velg roda, dan menjadi bagian penting dari sebuah kendaraan bermotor. Ban juga beguna untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan kendaraan.

Namun, bagaimana jika ban kendaraan Anda mengalami kerusakan? Seperti misalnya sobek yang dikarenakan terkena benturan, atau mungkin ban kendaraan mengalami pecah-pecah dikarenakan usianya sudah 'tua' dan untuk mendapatkannya lagi harus membeli secara indent yang belum tentu kapan datangnya, atau bahkan harus membelinya ke luar negeri?

BACA JUGA : Mobil Morris Anda Rusak? Coba ke Anto Motor Saja!

Nah, Anda tidak perlu khawatir, karena di bilangan Jakarta Selatan, ada sebuah bengkel yang bisa membantu mengatasi segala masalah ban Anda. Bengkel Ban Setuju Motor yang berdiri sejak tahun 1997 ini memang spesialis perbaikan ban mobil rusak, baik di telapak, samping, bahkan kerusakan pada ban Run Flat Tire (RFT).

Saat Agus Budi darti Otoblitz.net berkunjung ke lokasi, sang pemilik bengkel kebetulan sedang tidak ada di tempat. Namun tim Otoblitz.net ditemui oleh Andi, salah satu anak sang empunya bengkel yang juga ahli untuk perbaikan ban. Andi mengatakan, kerusakan ban yang disebabkan benturan dengan trotoar, terkena dampak lubang di jalanan atau mungkin memang sengaja dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, sebetulnya masih bisa diperbaiki.

BACA JUGA : Dog House Custom, Ahlinya Restorasi Jeep

"Untuk proses perbaikan sendiri, kita akan mengerjakannya seperti merakit ulang bagian yang rusak. Memang setelah jadi hasilnya tidak akan mirip dengan aslinya. Namun, selama ini dari segi keamanan tetap terjaga, asal tidak digunakan untuk kebut-kebutan lho," kata Andi saat ditemui di Bengkel Reparasi Ban Setuju Motor, di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (8/11).

BACA JUGA : Casablanca Land Rover, Ahlinya Restorasi 'Landy'

Ditambahkan oleh Andi, setelah proses perbaikan selesai, ban akan terlihat sama lagi, mulai dari permukaannya, struktur bannya bisa dikatakan hampir mirip. Namun dari segi performa, tidak akan mungkin bisa sama seperti sebelumnya. "Dan kita kasih garansi selama tiga bulan kok. Meski performa tidak bisa seperti awalnya lagi, fungsi ban masih akan maksimal jika pemakainya lebih berhati-hati," tambah Andi.

Pada kesempatan ini, kebetulan Andi juga sedang mengerjakan sebuah ban yang bisa dikatakan di Indonesia ini sudah tidak ada jenisnya, dan pemiliknya harus mendapatkannya secara impor alias membeli dari luar negeri. Ban ini sudah berusia 'tua' dan mengalami retak-retak di sekelilingnya. "Jika biasanya saya mengerjakan kerusakan ban yang mengalami sobek dibagian samping atau tapaknya, saat ini saya sedang berusaha mengerjakan sebuah ban mobil yang usianya sudah tergolong 'tua' dan sangat susah untuk didapatkan," ujar Andi.

"Sebenarnya, kerusakan seperti ini atau yang disebut 'ozone crack', meskipun sudah diperbaiki pasti akan tetap ada retak-retak di bagian lain. Kita tidak bisa untuk memperbaiki, namun mungkin kita bisa menggunakan cairan semacam silene untuk dimasukkan ke dalam ban. Setidaknya ban bisa digunakan kembali," lanjutnya.

Andi juga mengatakan bahwa hingga saat ini konsumennya sudah merambah hingga luar Pulau Jawa, seperti Sumatera, Kalimantan, bahkan ada pula yang datang dari Batam. Bukan hanya ban mobil-mobil penumpang, namun di bengkel ini juga bisa memperbaiki ban kendaraan offroad.

Nah, jika ban kendaraan Anda mengalami permasalahan seperti diatas, jangan ragu-ragu untuk membawanya ke Bengkel Ban Setuju Motor yang terletak di beberapa daerah di Jakarta Selatan lebih tepatnya di Jl Cilandak Tengah 9, Jakarta Selatan, atau di Jl Pepaya Raya 90 Jagakarsa, Jakarta Selatan. Selain itu, bengkel juga ada di Jl KHM Usman 69 Kukusan, Beji, Depok. Atau, jika Anda ingin konsultasi lebih dulu bisa menghubungi atau WhatsApp ke nomor 081236282578. **MS/ Foto-foto: Agus Budi

Rate this article:
(Average Rating 3.9 Based on 23 rating)

GARAGE Updates

GARAGE Updates


Related Articles


Most Popular