35 Tahun Suzuki Vitara, Begini Modelnya Dari Generasi ke Generasi

35 Tahun Suzuki Vitara, Begini Modelnya Dari Generasi ke Generasi

Selama 35 tahun sejak generasi pertama Vitara tampil segar dan berani, seri SUV ikonik Suzuki terus melanjutkan evolusi dinamisnya. Model ini hadir pertama menggabungkan gaya urban dan ukuran kompak untuk kemudahan penanganan, Vitara pertama segera menjadi pionir visioner.

Vitara merupakan SUV kompak dengan desain autentik, sedangkan SUV lainnya tetap berukuran besar dan kokoh. Selama bertahun-tahun, Vitara, dan Grand Vitara, terus berkembang, tumbuh dalam ukuran dan kekuatan, namun selalu mempertahankan jiwa khusus Vitara yang khas.

Seri Vitara kini telah melahirkan All New Grand Vitara, sebuah SUV yang pas untuk masa kini. Generasi pertama ini dimulai tahun 1988, Suzuki telah lama memiliki visi tentang kendaraan 4×4 yang dapat melintasi jalur hutan, lumpur, dan bebatuan serta membawa ke tempat-tempat yang belum pernah dijangkau oleh pengemudi roda empat.

35 Tahun Suzuki Vitara, Begini Modelnya Dari Generasi ke Generasi

Pada tahun 1968 visi tersebut menjadi kenyataan ketika pengembangan Jimny dimulai. Kesuksesan Jimny mengarahkan Suzuki untuk menciptakan kendaraan off-road jenis baru-kendaraan yang tidak seperti kendaraan lintas alam tugas berat atau SUV ukuran sedang bergaya mobil penumpang pada masa itu.

Desain bodi generasi pertama disebut melampaui apa pun yang terlihat pada kendaraan 4×4 sebelumnya. Sebuah alternatif unik untuk kendaraan lintas alam konvensional, Vitara menandai babak baru dalam kemampuan Suzuki di segala medan, memprioritaskan performa di jalan raya dengan penuh gaya.

Bodi tiga pintu memulai tren dalam desain 4×4 dan hadir dalam model hard top dan convertible (kanvas). Pada tahun 1991, Suzuki memperluas penawaran Vitara dengan penambahan versi lima pintu. Tahun berikutnya, bodi dua warna modis yang baru ditambahkan langsung menjadi hit.

35 Tahun Suzuki Vitara, Begini Modelnya Dari Generasi ke Generasi

Segera setelah Vitara generasi pertama muncul, ia membuktikan keberaniannya dalam reli lintas negara di Australia dan Asia. Di Colorado, AS, Vitara mengikuti Pikes Peak Climb tahunan, sebuah gunung yang tingginya mencapai 4.301 m.

Dikenal sebagai “Escudo” di Jepang dan “Sidekick” di Amerika Utara, model ini benar-benar mewujudkan konsep penjelajah bulan dan terjual sekitar 1,1 juta unit selama 9,5 tahun di seluruh dunia. Itu adalah model off-road terlaris di banyak negara.

35 Tahun Suzuki Vitara, Begini Modelnya Dari Generasi ke Generasi

Generasi kedua Vitara hadir pada tahun 1998 dengan diumumkannya Grand Vitara, model dengan 4WD autentik, performa on-road yang nyaman, dan desain eksterior yang didesain ulang dengan berani. Grand Vitara baru, dengan ukuran bodi yang diperluas menampilkan desain eksterior 4×4 lintas alam asli, sesuai dengan kendaraan 4×4 generasi baru.

Model baru ini juga memenuhi permintaan akan peningkatan keselamatan dan kinerja lingkungan yang lebih baik. Model baru ini mewarisi DNA Vitara, namun tetap memperhatikan penggunaan SUV di perkotaan dengan memberikan performa jalan yang lebih baik.

35 Tahun Suzuki Vitara, Begini Modelnya Dari Generasi ke Generasi

Juga tersedia dalam konfigurasi diesel 2.0L, memanfaatkan popularitas model diesel di Eropa, Grand Vitara dengan cepat mendapat permintaan tinggi, mengembangkan jalur berbeda bagi Suzuki ke pasar kendaraan gaya hidup.

Meskipun bagus untuk berkendara di jalan raya, kemampuan off-roadnya ditunjukkan dengan pencapaiannya di Reli Dakar di gurun menantang di Afrika barat. Mampu membawa ratusan liter bensin, Vitara generasi kedua mampu bersaing dengan kecepatan tinggi di gurun paling terjal dan di bukit pasir Sahara yang sangat luas.

35 Tahun Suzuki Vitara, Begini Modelnya Dari Generasi ke Generasi

Pada tahun 2001, Suzuki meluncurkan Grand Vitara XL7, membuat terobosan baru dengan SUV tujuh tempat duduk paling kompak pada saat itu. Model baru ini menyediakan kabin yang lapang dengan performa full-bore 4×4, memadukan performa berkendara santai dengan kemampuan off-road yang luar biasa. Kapasitas angkut penumpangnya yang lebih besar menjadikan Grand Vitara XL7 model unik di seri ini.

Didesain dengan mempertimbangkan personalisasi untuk memenuhi gaya hidup individu, Vitara generasi keempat menampilkan sistem ALLGRIP SELECT 4×4 yang sesuai dengan seri Vitara. Model ini terbukti populer terutama di Eropa dan Amerika Tengah dan Selatan, terjual hampir 900.000 unit di seluruh dunia hingga tahun 2023, dan masih dijual di banyak negara.

35 Tahun Suzuki Vitara, Begini Modelnya Dari Generasi ke Generasi

Lanjut, pada tahun 2016 Suzuki meluncurkan varian Vitara yaitu Vitara Brezza yang merupakan model pertama Suzuki yang dikembangkan di India. Karena popularitasnya, model tersebut mencapai penjualan lebih dari 780.000 unit hingga tahun 2023, menjadi mobil terlaris di kelasnya di India.

Sejak pertama kali diluncurkan, para penggemar Vitara di seluruh dunia telah menciptakan berbagai fan club seperti Suzuki 4WD Fan Club dan Vitara Owners’ Club. Di Australia dimana performa 4×4 Suzuki sangat sesuai dengan tuntutan lingkungan pedalaman, para penggemar Suzuki 4×4 melakukan perjalanan ribuan kilometer untuk berkemah dan petualangan luar ruangan lainnya.

35 Tahun Suzuki Vitara, Begini Modelnya Dari Generasi ke Generasi

Terakhir, setelah bertahun-tahun dinantikan oleh para penggemar di seluruh dunia, Grand Vitara baru kini hadir, dengan desain berani untuk petualangan yang berani. Mewarisi semangat Vitara-isme, DNA Grand Vitara, model baru ini dikemas dengan teknologi baru termasuk ALLGRIP SELECT, yang berkembang menjadi “SUV Era Baru”.

Sejak tahun 1988 ketika Vitara membuka genre baru “SUV kompak”, seri Vitara telah menjadi populer di seluruh dunia, dengan volume penjualan mencapai lebih dari 3,9 juta unit secara global. Mengikuti jejak generasi sebelumnya, SUV yang sangat canggih, New Grand Vitara, akan memelopori dunia baru untuk SUV.

KOMENTAR (0)