5 Sepeda Motor Listrik yang Mencuri Perhatian di EICMA 2019

5 Sepeda Motor Listrik yang Mencuri Perhatian di EICMA 2019

Revolusi motor listrik tampaknya selama ini berkembang secara slow motion, terutama dibandingkan dengan sektor roda empat. Selama bertahun-tahun, berbagai pihak memperkirakan bahwa motor plug-in akan menerobos ke pasaran dengan cepat, namun pada kenyatannya masih sering tersendat- seperti Alta Motors yang sekarang sudah meninggalkan proyek motor listrik mereka. Walaupun pemeran besar di dunia motor listrik seperti Zero sudah membuat langkah besar dan Harley-Davidson juga telah mengambil resiko dengan LiveWire, pilihan realistis untuk para konsumen yang menginginkan motor tanpa karbon masih sangat terbatas.

Namun, di ajang EICMA 2019 yang digelar di Milan, membuktikan bahwa ada secercah harapan, dengan janji lebih banyak motor listrik akan hadir pada dealer terdekat tak lama lagi. Nah, berikut adalah 5 model sepeda motor listrik yang paling mencuri perhatian di EICMA 2019:

5 Sepeda Motor Listrik yang Mencuri Perhatian di EICMA 2019

Kymco RevoNEX

Walaupun produksinya belum dijadwalkan untuk mulai sampai tahun 2021, Kymco RevoNEX menunjukan bahwa konsep sportbike listrik yang dirilis ke publik 12 bulan lalu ini bukanlah semata sebuah konsep saja. RevoNEX diklaim dapat melaju hingga maksimal 204 km per jam dalam waktu 11.8 detik, dan dapat dipacu dari 0-100 km per jam dalam waktu 3.7 detik saja.

Kymco terbukti ingin merancang motor ini agar menyenangkan untuk dikendarai, dengan transmisi manual 6-percepatan dan kopling untuk meningkatkan performa. Namun, ,salah satu komplain terhadap motor listrik adalah suaranya atau absennya suara dari motor listrik. Nah, untuk hal ini Kymco juga memberi solusi dalam wujud “Active Acoustic Motor” (AAM) yang dideskripsikan sebagai “generator akustik multi-frekuensi yang mampu meningkatkan suara motor”.

5 Sepeda Motor Listrik yang Mencuri Perhatian di EICMA 2019

Verge TS

Jika Kymco RevoNEX bertujuan untuk menarik perhatian pecinta motor dengan memasukan fitur yang sudah familiar ke dalam motor listrik mereka, Verge TS ingin melakukan hal yang sangat berbeda dan menikmati kebebasan yang disediakan oleh tenaga listrik. Motor ini dibekali dengan mesin yang dapat menghasilkan tenaga 107 hp dan torsi 737-ft.lbs. Verge juga mengklaim bahwa motor ini dapat menjangkau hingga 300 km dengan sepenuhnya memakai tenaga listrik.

Walaupun terlihat masih seperti sebuah konsep, terutama dengan tampilan roda belakang tanpa jari-jari, nyatanya saat ini Verge telah menerima pemesanan dengan deposit USD 2,218 atau kisaran Rp 31 jutaan, untuk motor yang nantinya akan dipasarkan seharga USD 27,665 atau kisaran Rp 390 jutaan ini.

5 Sepeda Motor Listrik yang Mencuri Perhatian di EICMA 2019

Cake Osa

Dengan desainnya yang bertema industrial, motor asli Swedia ini juga terlihat seperti IKEA yang menciptakannya. Ya, IKEA. Dan, seperti furnitur di IKEA, Osa adalah motor yang sangat terjangkau untuk motor listrik, dengan versi lite seharga USD 4,500 atau kisaran Rp 63 jutaan tanpa baterai. Osa+ yang memiliki performa 2 kali lipat dari versi lite dipasarkan seharga USD 6,500 atau kisaran Rp 91 jutaan (tanpa baterai juga) -ini lantaran baterai Osa memang dijual secara terpisah.

Hal yang membedakan Osa dari motor lainnya, selain penampilannya, adalah dalam cara motor ini didesain untuk berfungsi sebagai “self-propelled power pack” yang bisa menjadi sumber tenaga bagi alat-alat listrik. Cake mendeskripsikannya sebagai “meja kerja yang dapat berpindah tempat”, dan mengklaim bahwa ini akan berguna untuk pekerja yang membutuhkan alat listrik jauh dari power, dimana user dapat memasang kabel alat listrik langsung ke baterai Osa yang memiliki output daya DC 12-volt dan AC 220V.

5 Sepeda Motor Listrik yang Mencuri Perhatian di EICMA 2019

Vins EV-01

Jika pabrikan motor listrik yang lain berbicara tentang perlindungan alam dan keramahan lingkungan, pabrikan motor asal Modena, Italia, Vins tidak menyebutkan keinginannya untuk menyalamatkan hewan-hewan lautan maupun melindungi atmosfer. Ini lantaran motor ciptaan mereka seperti Duecinquanta Competizione and Duecinquanta Strada adalah satu-satunya motor sport 2-tak di dunia. EV-01 akan diperkuat oleh mesin dan baterai dari produsen Zero, artinya motor karya Italia ini akan memiliki kapasitas baterai sebesar 14kWh dan mesin 70 hp seperti pada Zero SR.

5 Sepeda Motor Listrik yang Mencuri Perhatian di EICMA 2019

Energica Eva Ribelle

Energica adalah salah satu perusahaan yang merintis motor listrik beberapa tahun terakhir dan telah memanfaatkan EICMA untuk meluncurkan teknologi yang terbaru dan paling mengesankan sejauh ini.

Eve Ribelle adalah model terbaru mereka, menggantikan Eva Naked Streetfighter yang sebelumnya beredar, dan membawa banyak perkembangan dalam bidang jarak dan performa. Motor ini ditenagai oleh baterai berkapasitas 21.5k Wh dan mesin berkekuatan 145 hp yang menghasilkan torsi 158-ft.lbs. Dengan perpaduan itu, motor dapat menghasilkan kecepatan maksimal 201 km per jam yang dibatasi secara elektronik, dan dapat dipakai hingga 402 km dengan sepenuhnya listrik. **MS

KOMENTAR (0)