Bahaya Mengemudi Tanpa Alas Kaki

Bahaya Mengemudi Tanpa Alas Kaki

Bagi sebagian masyarakat, mengendarai mobil dengan bertelanjang kaki merupakan hal biasa, bahkan telah menjadi sebuah kebiasaan. Padahal sebenarnya hal tersebut memiliki potensi bahaya yang besar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Husnul Arifin, Instruktur Rifat Drive Labs. Dirinya mengatakan bahwa mengemudi tanpa alas kaki sangat tidak aman, karena kebiasaan tersebut bisa mengakibatkan kecelakaan.

Bahaya Mengemudi Tanpa Alas Kaki

“Memang hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa mengemudi tanpa alas kaki berpotensi kecelakaan. Namun, jika mengacu pada karakter kaki manusia ini saat menekan tuas dalam waktu lama bisa mengeluarkan keringat. Nah, saat itu kaki menjadi licin dan bisa slip saat menginjak pedal,” kata Husnul.

Bahaya Mengemudi Tanpa Alas Kaki

Jadi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, saran saya bagi para pengemudi agar selalu menggunakan alas kaki yang rata pada bagian bawahnya. Setidaknya di dalam mobil kita selalu sediakan sandal atau sepatu khusus yang digunakan untuk berkendara, jadi bisa membantu pengendara jadi lebih fleksibel saat bosan menggunakan sepatu, ungkap Husnul.

Bahaya Mengemudi Tanpa Alas Kaki

Menurut Husnul, menggunakan alas pada telapak kaki, juga akan mencegah kaki cepat pegal. Apalagi kalau pakai pedal aftermarket yang permukaannya biasanya jadi lebih licin. “Jadi jangan pernah mengendarai mobil dengan bertelanjang kaki, agar anda bisa mengontrol pedal gas, rem dan kopling dengan feeling yang baik,” pungkasnya.

KOMENTAR (0)