Ban Hybrid dan Ban Airless, Dua Inovasi Dari  Kumho

Ban Hybrid dan Ban Airless, Dua Inovasi Dari  Kumho

Kumho, pabrikan ban asal Korea Selatan, baru-baru ini memperkenalkan dua ban terbaru yang sarat dengan teknologi inovatif— e-NIMF dan e-TOPS. Tidak heran kalau ban tersebut    meraih apresiasi   International Design Excellence Awards (IDEA) 2020,  iF dan  Red Dot (Pebruari dan Maret 2020).

e-NIMF

Disebut sebagai  e-NIMF (e = eco-friendly, NI = no-inflation dan MF = maintenance-free) adalah ban konsep tanpa udara (airless concept tyre). Secara teknis, ban e-NIMF menawarkan  driving stability yang istimewa.  Selain itu, ban e-NIMF bebas dari masalah khas ban konvensional yang harus selalu dicek tekanan angin secara berkala dan harus dibuang setelah habis masa pakainya. Cukup dengan mengganti tapak, ban e-NIMF bisa dipakai kembali sehingga lebih ramah lingkungan serta hemat biaya dan waktu maintenance. Usai menjalani pengujian dan simulasi dalam jangka panjang terkait bentuk, material dan metode produksi, Kumho mengklaim  ban e-NIMF memiliki usia pakai, kebisingan, vibrasi dan  rolling resistance setara dengan ban konvensional modern.

e-TOPS

Ban  e-TOPS adalah ban  hybrid yang memadukan fitur unggulan dan kekuatan dari  ban pneumatic (ban dengan udara) dan ban airless (ban tanpa udara ). Struktur airless bagian atas dan bagian tapak melindungi ban e-TOPS dari “tusukan” benda-benda asing. Sedangkan bagian bawah terisi dengan udara dalam volume tertentu memberikan peredaman sesuai kebutuhan. Dengan demikian, ban e-TOPS menawarkan performa setara ban konvensional dan bebas dari masalah kurang tekanan angin yang selama ini menjadi nilai minus ban konvensional.

 

 

 

 

TAGS

KOMENTAR (0)