Klasik & Langka: Italdesign Aztec 1988

Klasik & Langka: Italdesign Aztec 1988

Italdesign Aztec adalah model mobil sport yang diperkenalkan oleh coachbuilder Italdesign di ajang Turin Motor Show 1988, untuk merayakan dua puluh tahun pendirian rumah desain otomotif terkenal asal Italia tersebut. Mobil bergaya unik ini dirancang oleh desainer otomotif kenamaan, Giorgetto Giugiaro.

Aztec yang dibekali dua jok ini unik lantaran pengemudi dan penumpang ditempatkan terpisah, mengharuskan kedua pihak untuk berkomunikasi secara elektronik. Mobil menggabungkan gaya tubuh speedster dengan bagian pelindung sebagian yang dapat dilepas dalam pengaturan pintu gaya gullwing.

Klasik & Langka: Italdesign Aztec 1988

Italdesign Aztec dilengkapi dengan mesin Audi turbocharged yang dikawinkan dengan sistem penggerak empat roda yang berasal dari Lancia Delta HF Integrale. Mesin DOHC lima silinder berkapasitas 2.226 cc yang bersumber dari Audi ini mampu menghasilkan tenaga 200 PS (147 kW; 197 hp), meskipun mobil ini membawa lencana ‘250 HP’ yang menonjol di bagian sayap.

Klasik & Langka: Italdesign Aztec 1988

Aztec memiliki isyarat gaya yang sangat futuristik dengan banyak fitur di masa depan. Mobil memiliki panel kontrol di kedua sisi pada panel bodi aluminium di bagian belakang. Setelah memasukkan kode tertentu ke panel, informasi dan tentang status kinerja mobil bersama dengan fungsi tertentu dari mobil (misalnya membuka lampu depan gaya pop-up, dongkrak hidrolik, pemadam api, hingga kompresor untuk menggembungkan ban) yang dapat diakses melalui pesan suara.

Klasik & Langka: Italdesign Aztec 1988

Di dalam kabin, Italdesign Aztec dibalut dengan interior kulit nan mewah dengan sekelompok instrumen terpisah untuk penumpang berbentuk seperti roda kemudi, yang menampilkan informasi penting tentang mobil dan berisi kontrol peredam sekaligus alat komunikasi bersama dengan kontrol pengaturan waktu.

Klasik & Langka: Italdesign Aztec 1988

Aztec juga menggabungkan sistem navigasi satelit yang terletak di tengah dashboard (diposisikan lebih ke arah pengemudi). Desain mobil terinspirasi oleh teknologi ruang angkasa yang banyak digunakan di era itu, sementara kaca pada sayap yang terinspirasi dari LeMans menonjolkan aspek motorsport. Mobil juga memiliki kompartemen bagasi yang memadai, sementara sayap belakang serat karbon yang dioptimalkan untuk downforce dan roll-bar untuk keselamatan pengemudi dan penumpang juga dipasang.

Klasik & Langka: Italdesign Aztec 1988

Menurut banyak sumber, tercatat hanya 18 unit Italdesign Aztec yang pernah dibangun, dari produksi yang direncanakan sebanyak 50 unit (meskipun beberapa sumber menyatakan jumlah produksi sebagai “kurang dari 25 unit”). Sebuah Italdesign Aztec sempat muncul dalam film horor fiksi ilmiah Frankenstein Unbound produksi 1990, sebagai mobil futuristik yang dikendalikan komputer dari protagonis film, Dr. Joe Buchanan. **MS

KOMENTAR (0)