Konsep Retro Unik: Ford X-2000 1958

Konsep Retro Unik: Ford X-2000 1958

Pada era tahun 1950-an, majalah-majalah di AS dipenuhi dengan gambar-gambar mobil masa depan dan konsep kendaraan ruang angkasa yang diprediksi akan tersedia pada akhir abad ke-20. Banyak pabrikan otomotif seakan berlomba-lomba membuat desain dream cars ini untuk menggoda publik dan memamerkannya di berbagai pameran mobil.

Seringkali, beragam konsep mobil tersebut hanyalah sebatas konsep saja, yang tak pernah terealisasi menjadi ‘mobil sungguhan’. Nah, salah satu mobil konsep yang cukup unik adalah Ford X-2000, yang dirancang oleh Bill Balla dan Alex Tremulis pada tahun 1958, yang sebelumnya terkenal dengan gaya Tucker yang legendaris. Mobil itu dibuat dari sketsa ke model skala, namun tidak lebih dari itu.

Konsep Retro Unik: Ford X-2000 1958

Salah satu fitur yang paling khas dari Ford X-2000 ini adalah bagian moncongnya, yang sebenarnya tidak terlalu modern (atau masuk akal), bahkan untuk ukuran pada tahun 1958. Kisi-kisi dan kap mesin tampak jelas terinspirasi dari Ford Edsel 1957, mobil yang sempat membuat induk pabrikannya, Ford, kehilangan banyak uang lantaran biaya produksi yang membengkak.

Dalam konteks desain eksteriornya sendiri, motif oval vertikal yang diusung X-2000 pada masa itu banyak disebut-sebut sebagai desain “telur di ujung tanduk”, “kerah kuda”, bahkan “cincin benturan”; hingga berbagai julukan lain yang lebih sarkastik dan bahkan cenderung kasar.

Konsep Retro Unik: Ford X-2000 1958

Terlepas dari kontroversi publik, kompartemen penumpang pada mobil konsep ini tampak mirip dengan kendaraan yang digunakan dalam serial sci-fi The Jetsons, tetapi bagian belakangnya cukup ikonik dengan hadirnya ‘yank tank’ yang menjadi semacam ciri khas mobil era 1950-an, terlepas dari kehadiran lampu taillights bergaya roket di bagian belakang.

Ford X-2000 pada awalnya memang hanya menjadi konsep scale model, namun pada tahun 1994, seorang penggemar otomotif asal Inggris bernama Andy Saunders, melihat konsep ini dalam buku Dream Cars (JR Picard, 1981). Iapun mencoba mengejar ‘mimpi mustahil’ itu dan membangunnya.

Konsep Retro Unik: Ford X-2000 1958

Hasilnya ternyata luar biasa, karena mobil ini sukses menarik banyak minat penggemar mobil klasik termasuk media otomotif untuk melihatnya. Ford X-2000 Concept buatan Andy Saunders inipun akhirnya sering diundang tampil di berbagai ajang pameran otomotif sejak saat itu. **MS/ Foto-foto: Oldconceptcars.com

KOMENTAR (0)