Cara Aman Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Cara Aman Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Ruang mesin jadi salah satu area mobil yang paling jarang dibersihkan oleh pemiliknya, karena pada umumnya, pemilik lebih berfokus pada kebersihan eksterior dan interior saja. Membersihkan ruang mesin tak sama dengan membersihkan eksterior dan interior.

Ada beberapa kiat yang harus dipahami agar mesin mobil tetap aman, tak terjadi korsleting, atau bahkan merusak komponen listrik. Ruang mesin yang bersih akan memudahkan kita dalam mendeteksi kebocoran. Nah, dibawah ini adalah beberapa langkah aman membersihkan ruang mesin yang benar:

Cara Aman Membersihkan Ruang Mesin Mobil

1. Ketika memutuskan untuk membersihkan ruang mesin, tutup komponen air intake, sensor, koil, soket sekring, dan ECU bisa menggunakan plastik.

2. Pastikan kunci kontak dalam posisi off, dan jika perlu cabut terlebih dahulu komponen aki.

3. Bersihkan terlebih dahulu kotoran yang terlihat seperti daun kering atau yang lainnya.

4. Jika kondisi mesin sangat kotor disarankan untuk disemprot menggunakan pressure washer dengan settingan menyebar. Hati-hati jangan arahkan langsung ke komponen vital tadi.

Cara Aman Membersihkan Ruang Mesin Mobil

5. Kemudian semprot dengan degreaser ke seluruh bagian (dibagi menjadi dua section pengerjaan kiri dan kanan) jika sudah kemudian gosok menggunakan kuas dan sikat.

6. Bilas menggunakan air bertekanan rendah. Jika masih muncul dan terdapat kerak gunakan watersport remover, lalu bilas kembali dengan air.

7. Keringkan dengan kompresor dan lap menggunakan kain kering lembut seperti microfiber. Lepaskan pelindung plastik tadi yang dipasang sebelum mencuci ruang mesin. Diamkan sejenak dan pastikan komponen kelistrikan aman dari air.

8. Agar lebih maksimal bisa semprotkan engine dressing sebagai pengkilap dan juga proteksi.

KOMENTAR (0)