Ford GT40 Prototype 1964 Terjual Rp 81 Miliar di Mecum Auctions

Ford GT40 Prototype 1964 Terjual Rp 81 Miliar di Mecum Auctions

Mecum Auctions menggelar lelang istimewa di Houston, Texas, pada 10-12 April pekan lalu. Sejumlah koleksi mobil klasik dan langka tampil di blok lelang mereka, dan salah satu yang terjual dengan harga tertinggi adalah Ford GT40 Prototype bersejarah keluaran 1964, yang memecahkan rekor penjualan yaitu sebesar USD 7 juta atau sekira Rp 81 miliar.

Dilansir dari GT Spirit, mobil ini merupakan Ford GT40 tertua kedua yang masih ada. Sebagai informasi, GT40 dibangun Ford sebagai cara untuk menuntut balas dendam terhadap Enzo Ferrari. Kala itu, rumor menyebar pada awal 1960-an bahwa Enzo Ferrari tertarik untuk menjual perusahaannya pada Henry Ford. Ford kemudian menghabiskan beberapa juta dolar untuk merealisasikan kesepakatan dengan Enzo, namun ternyata Enzo menangguhkan kesepakatan pada tahap akhir karena sengketa di balapan Indianapolis 500.

Ford GT40 Prototype 1964 Terjual Rp 81 Miliar di Mecum Auctions

Ingin membalaskan dendam pada Enzo, Henry Ford kemudian menugaskan proyek Ford GT40 dalam upaya untuk menampilkan wakilnya dalam reli ketahanan 24 Hours of Le Mans, sebuah reli yang didominasi oleh Ferrari selama bertahun-tahun. Dibangun dan dirancang di Inggris, Ford GT40 kemudian menjadi sukses besar, merebut empat kemenangan berturut-turut di ajang reli bergengsi tersebut.

Ford GT40 Prototype 1964 Terjual Rp 81 Miliar di Mecum Auctions

Ford GT40 Prototype yang dilelang di Mecum Auctions kali ini adalah sebuah coupe berbobot ringan dengan nomor GT/104. GT40 ini dulu juga ikut bersaing dalam reli legendaris 24 Hours of Le Mans setelah menjalani ujicoba sejauh 50 mil. GT40 ini lolos kualifikasi bersama Schlesser dan Richard ‘Dickie’ Atwood di tempat ke-8, untuk kemudian melewati garis finish di tempat pertama. Sayangnya, sang GT40 terpaksa ‘pensiun dini’ saat perlombaan, setelah terbakar pada trek Mulsanne Straight.

Setelah petualangan pertamanya di Le Mans, GT40 kemudian dikirim ke Shelby American, Inc. di Los Angeles untuk melanjutkan pengembangan mesinnya. Setelah beberapa waktu, GT40 ini kembali muncul di ajang reli yaitu Daytona Continental 2.000 KM, di mana ia langsung menempati posisi ke-3, tepat di belakang GT40 lain yang finish lebih dulu!

Ford GT40 Prototype 1964 Terjual Rp 81 Miliar di Mecum Auctions

Ford GT40 Prototype bernomor GT/104 ini meninggalkan kepemilikan Ford pada tahun 1971, dan sejak itu telah mengalami banyak restorasi. Terakhir, mobil balap Ford ini dimiliki spesialis GT40 Paul Lanzante, dan kini telah mengusung spesifikasi aslinya saat diturunkan di Daytona Continental puluhan tahun lalu.

Berikut video lelangnya di Mecum Auctions Houston pada 12 April lalu, saat Ford GT40 Prototype ini memecahkan rekor lelang seharga USD 7 juta. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)