Honda Patenkan Transmisi Semi Otomatis Tanpa Tuas Kopling

Honda Patenkan Transmisi Semi Otomatis Tanpa Tuas Kopling

Honda kembali patenkan teknologi terbarunya. Kali ini Honda menciptakan teknologi transmisi semi otomatis terbaru. Teknologi ini diklaim bakal lebih baik dibandingkan sistem Honda matik yang ada saat ini meski cara bekerjanya tidak jauh berbeda.

Dilansir dari Visordown, Jumat (29/5), sistem semi otomatis tersebut tersemat dalam desain motor retro CB1100 tahun 70-an. Menariknya, pada teknologi ini, Honda menghilangkan sistem DCT (Dual Clucth Transmission).

Padahal Honda sebelumnya sudah banyak dikenal sebagai pabrikan yang menguasai DCT yang semuanya telah terintegrasi dengan fully functioning system in house (ECU). Tapi harus diakui sistem DCT ini dinilai memiliki bobot yang cukup berat layaknya pada Africa Twin yang mencapai 10 kg. Kini Honda ini memiliki sistem yang berbeda.

Honda Patenkan Transmisi Semi Otomatis Tanpa Tuas Kopling

Sistem semi otomatis CB1100 ini tetap memiliki pengaturan gearbox 6-percepatan konvensional layaknya CB1100 saat ini. Bedanya, teknologi pintar Honda ini tidak memiliki tuas kopling untuk pengendara.

Tuas kopling tersebut digantikan dengan sebuah aktuator yang terletak di atas silinder slave kopling yang digunakan layaknya melepas kopling.

Sayangnya, belum ada informasi detail terkait sistem kopling semi otomatis ini bekerja atau saat sistem terhubung ke ECU. Sistem ini diprediksi akan bekerja di ambang rpm yang sudah ditentukan.

 

KOMENTAR (0)