Jadi Kejurnas, ETCC Terapkan Regulasi ‘One Make Tire’

Jadi Kejurnas, ETCC Terapkan Regulasi 'One Make Tire'

Setelah sukses menggelar Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2016 seri pertama pada 5-6 Maret 2016 di Sentul International Circuit, seri kedua event ini kembali digelar pada 2-3 April lalu. Dan di tahun ini, Achilles pun resmi menjadi partner untuk ajang European Touring Car Championship (ETCC), yang mulai tahun ini sudah berstatus Kejuaraan Nasional (Kejurnas).

ETCC, ajang balap yang menampilkan mobil-mobil keluaran Eropa resmi berstatus Kejurnas pada seri pertama ISSOM 2016, dan mulai memakai sistem ‘One Make Tire’ dimana seluruh peserta diwajibkan menggunakan produk dari Achilles Radial.

Jadi Kejurnas, ETCC Terapkan Regulasi 'One Make Tire'

M. Zein Saleh, Marketing Manager PT Multisrada Arah Sarana Tbk, mengatakan bahwa diterapkannya sistem ‘One Make Tire’ Achilles Radial di ETCC pada sepanjang musim penyelenggaraan ISSOM 2016 ini merupakan sebuah kepercayaan yang besar bagi pihaknya. Karenanya, dalam mendukung event ini, Achilles juga menjamin ketersediaan ban motorsport bertipe GS328, ATR K-Sport dan 123S.

Zein Saleh juga mengungkap, dengan adanya sistem ini maka bisa disaksikan pula ketangguhan ban Achilles pada ajang motorsport terbesar di Tanah Air ini. “Kami juga terbuka akan segala masukan yang tentunya sangat berguna bagi pengembangan produk-produk kami di masa mendatang,” kata Zein Saleh di Sirkuit Sentul, Minggu (3/4).

Jadi Kejurnas, ETCC Terapkan Regulasi 'One Make Tire'

Sementara, Project Officer Kejurnas ETCC, Andre Dumais mengngkapkan, memang sebenarnya sejak seri satu ISSOM 2016 bulan Maret silam, ETCC sudah resmi menyandang status Kejurnas. Akan tetapi dikarenakan baru pertama pengadaannya, masih terjadi banyak error. “Nah, baru di seri kedua inilah acara seremonial kami gelar,” ujar Andre.

Selain menyandang status Kejurnas, ajang ETCC juga sudah menggunakan sistem ‘One Make Tire’, dimana seluruh pebalap yang turun di ETCC harus menggunakan ban Achilles ATR K-Sport. Memang, saat memutuskan sistem ‘One Make Tire’ ini juga ada dampaknya, khususnya bagi pebalap yang menggunakan ban merk lain.

Jadi Kejurnas, ETCC Terapkan Regulasi 'One Make Tire'

Namun, walau secara total peserta berkurang, namu di seri kedua ini jumlah peserta kembali naik lagi. Pada seri pertama lalu, dimana biasanya peserta mencapai hampir 30 per slot, berkurang hingga 22 per slot. Namun, di seri kedua peserta kembali bertambah menjadi 25 peserta. “Semoga di seri-seri selanjutnya jumlah peserta akan terus bertambah,” tutup Andre. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)