Jangan Lupa, Ban Serep Juga Harus Dirawat!

Jangan Lupa, Ban Serep Juga Harus Dirawat!

Setiap mobil atau kendaraan roda empat biasanya dibekali dengan ban cadangan atau sering juga disebut dengan ban serep. Ban serep ini penting karena akan diperlukan untuk mengganti ban mobil yang mungkin mengalami bocor atau pecah di tengah perjalanan.

Ban serep ini biasanya ditempatkan di bagasi belakang, kolong mobil, dan ada juga yang dipasang di pintu belakang. Walaupun terlihat terlindungi dengan baik, ban serep ini ternyata juga membutuhkan perawatan agar kondisinya tetap baik dan bisa digunakan saat diperlukan.

Dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, satu hal yang penting untuk diingat saat merawat ban serep adalah pastikan kondisi tekanan anginnya tetap terjaga supaya siap dipakai saat diperlukan. Untuk ban serep yang ditempatkan di kolong mobil, perlu mendapatkan perawatan ekstra. Kenapa ban serep yang  ditempatkan di kolong mobil, perlu mendapatkan perawatan ekstra?

Karena ban serep di kolong mobil bisa dengan mudah terkena cipratan lumpur atau kotoran, terlebih kalau ban serep tersebut tidak diberi pelindung (cover). Kotoran bisa bisa menempel di bagian antara rim dengan bead (pinggir ban yang menempel ke pelek). Jika kotoran ini mengering, maka berisiko membuat celah antara pelek dan ban. Akibatnya, angin gampang keluar dan membuat ban jadi kehilangan tekanan anginnya.

Karena itu, untuk Anda yang memiliki mobil dengan ban serep di kolong mobil, sangat disarankan untuk lebih rajin mengecek dan membersihkannya. Semoga informasi ini bermanfaat dan ingat, jika kendaraan Anda bermasalah, segera bawa kendaraan Suzuki kesayangan Anda ke bengkel agar bisa ditangani dengan tepat oleh mekanik handal.

 

KOMENTAR (0)