KIKO, Komunitas Pelestari Kijang Kotak

 

KIKO, Komunitas Pelestari Kijang Kotak

Indonesia memang memiliki sejarah yang cukup panjang terkait mobil nasional. Ya, wacana untuk memiliki dan memproduksi mobil sendiri ternyata sudah ada sejak tahun 1975, diawali dengan hadirnya Toyota Kijang, lalu Maleo, MR 90, Esemka, hingga mobikl konsep Tucuxi yang pernah dirakit di dalam negeri.

Nah, salah satu mobil rakitan dalam negeri yang banyak digunakan oleh masyarakat kita adalah Toyota Kijang. Mobil yang pertama kali diperkenalkan tahun 1975 tersebut, memang sempat menjadi idola masyarakat. Nyaman dikendarai serta kabinnya yang luas menjadi beberapa alasan mengapa masyarakat banyak yang menggunakan family car ini.

KIKO, Komunitas Pelestari Kijang Kotak

Tak hanya itu, walau saat ini mobil ini sudah tidak diproduksi lagi, masih banyak masyarakat yang menggunakannya. Bahkan, Toyota Kijang generasi pertama pun masih bisa dijumpai berseliweran di penjuru jalanan di Tanah Air. Nah, banyak diantara pengguna Toyota Kijang yang membentuk komunitas, seperti contohnya Komunitas KIKO (Kijang Kotak) ini.

KIKO berdiri pada 26 Agustus 2012, dan merupakan wadah bagi pengguna mobil Toyota Kijang generasi pertama dan kedua (1977-1986), atau yang sering disebut ‘Kijang Kotak’. Cerita berdirinya komunitas ini berawal dari aktivitas di Facebook page para pengguna Kijang Kotak ini. Lama-kelamaan mereka sepakat untuk mengadakan kegiatan kopdar, dan dari kegiatan kopdar itulah tercetus ide untuk membentuk komunitas.

“Di dalam komunitas ini, tidak semua anggota yang mengerti tentang mesin, jadi di komunitas ini mereka bisa mendapatkan beragam info mengenai mobil Kijang Kotak,” jelas Hani Nurhani, Koordinator KIKO.

KIKO, Komunitas Pelestari Kijang Kotak

Selain sebagai wadah saling sharing, di komunitas ini pun para anggotanya bisa mencari info mengenai spare part, dimana info ini tentu sangat berguna bagi mereka para pengguna Kijang Kotak yang tinggal jauh dari pusat ibukota. “Baru-baru ini kita baru saja membantu salah satu anggota dari Medan, untuk mecarikan kabel bodi dan master rem,” kata Hani.

Pertemanan dan persahabatan para anggota KIKO memang patut diacungi jempol. Keakraban mereka tak hanya sebatas di dunia maya saja, pada saat kopdar pun mereka terlihat sangat akrab satu sama lain. Ini salah satunya terlihat dengan banyaknya anggota yang menghibahkan spare part cadangan milik mereka untuk diberikan pada anggota lain yang tidak sanggup untuk membelinya.

Lalu, apa sih yang membuat mereka begitu menyukai Kijang Kotak? Daniel Hutagalung, salah satu anggota KIKO mengatakan, menggunakan Kijang Kotak itu sangat nyaman, mesinnya yang bandel, mudah dirawat serta bisa mengangkut banyak muatan menjadi beberapa alasan menyukai mobil ini.

KIKO, Komunitas Pelestari Kijang Kotak

Daniel juga mengaku, dirinya sangat bangga saat mengendarai Kijang Kotak. Walau usia mobilnya bisa dikatakan tak muda lagi, ia sangat pede saat menungganginya. Bahkan, Daniel juga sering dipuji oleh pengguna mobil lainnya akan kondisi mobilnya yang baik dan terawat.

“Kita menggunakan Kijang Kotak bukan karena nggak punya duit, tapi memang kita suka dengan mobil ini,” pungkas Daniel sumringah. **MS

TAGS

KOMENTAR (2)

  1. Sigalingging
    19 August 2019

    saya mau jugal kijang grand ekstra tahun 1995, pajak sampai bulan maret 2020, STNK sampai 2024. harga 56jt, bila berminat hubgi 082160687878. trims

  2. priyo
    27 August 2019

    mohon info klau mau beli part nya di mana ya