McLaren 620R Meluncur, Hadirkan Sensasi Berkendara Motorsport

McLaren 620R Meluncur, Hadirkan Sensasi Berkendara Motorsport

McLaren beberapa waktu lalu resmi mengumumkan 620R, mobil pertama di kelasnya yang menawarkan kredensial motorsport sejati dalam paket yang sepenuhnya road-legal. Mobil coupe edisi terbatas yang hanya akan dibangun sebanyak 350 unit ini, mengembangkan spesifikasi kompetisi McLaren 570S GT4 untuk menghadirkan pengalaman berkendara mobil balap di trek atau jalan raya.

“McLaren 570S GT4 adalah mobil balap GT kelas satu yang memenangkan perlombaan di setiap kejuaraan yang dipertandingkan, sejak penampilan pertamanya pada tahun 2017. Sekarang, sebagai tanggapan atas permintaan pelanggan yang berulang-ulang, kami telah membuat homologasi paket kelas atas untuk jalan raya pada McLaren 620R terbaru ini,” jelas Mike Flewitt, CEO McLaren Automotive, dalam rilis berita yang diterima Otoblitz.net, Sabtu (28/12).

McLaren 620R Meluncur, Hadirkan Sensasi Berkendara Motorsport

“Ini merupakan sebuah model superlight coupe bertenaga 620 PS edisi terbatas, yang merupakan pilihan sempurna bagi penggemar yang menginginkan sensasi berkendara motorsport yang otentik -dengan kinerja yang tepat- baik pada penggunaan di trek balap maupun di jalan raya,” imbuhnya.

McLaren telah menikmati kesuksesan balapan GT yang signifikan dengan tim-tim Customer Racing dan dalam musim-musim terakhir, 570S GT4 telah berperan penting dalam menambah catatan kesuksesan tersebut. Sejak debutnya pada tahun 2017, mobil ini telah menjadi mobil balap GT paling sukses yang dibuat oleh McLaren, mencapai lebih banyak kemenangan dan podium balap daripada yang lainnya hingga saat ini.

McLaren 620R Meluncur, Hadirkan Sensasi Berkendara Motorsport

Pada tahun 2019, McLaren 570S GT4 telah berkompetisi di kejuaraan di empat benua. Sekarang, sebagai model McLaren Sports Series yang berfokus pada trek, McLaren 620R –supercar yang ditakdirkan langka dan dapat dikoleksi, berkat produksinya yang sangat terbatas- akan merayakan pencapaian 570S GT4 tersebut bersama para penggemar setia.

McLaren 620R memiliki proposisi yang unik, memberikan pengalaman murni motorsport di mobil jalan raya dengan keasliannya: memiliki tampilan seperti mobil balap, handling seperti mobil balap, berkinerja seperti mobil balap, dan ‘terasa’ seperti mobil balap. Hasilnya secara keseluruhan adalah transisi mulus dari versi balapan ke jalan raya -dan sebaliknya. McLaren 620R juga mempertahankan DNA dari mobil trek yang sepenuhnya homologasi namun bebas dari batasan yang berlaku dari peraturan balap.

McLaren 620R Meluncur, Hadirkan Sensasi Berkendara Motorsport

Tingkat kesamaan yang tinggi dengan mobil balap 570S GT4 telah menjadi bagian integral dari pengembangan McLaren 620R sejak awal. Keduanya memiliki sasis yang sama, serat karbon single-piece Monocell II yang memberikan dasar untuk kekuatan dan bobot ringan mobil, dengan bobot kering paling ringan yang ditargetkan 1.282 kg. Inti serat karbon ini juga menopang ketepatan dan ketenangan dinamis yang menjadi ciri khas McLaren.

McLaren 620R dibekali mesin V8 twin-turbocharged M838TE berkapasitas 3.8-liter yang sama dengan yang digunakan pada mobil GT4, tetapi dengan perbedaan yang signifikan dalam output daya; kebebasan dari peraturan balap telah memungkinkan ECU Engine dan manajemen turbocharger untuk dikonfigurasi ulang untuk mencapai kkuatan 620 PS (610 bhp), menjadikan ini mobil Sport Series yang paling kuat.

McLaren 620R Meluncur, Hadirkan Sensasi Berkendara Motorsport

Mesin juga mampu mengembangkan torsi 620 Nm (457-ft.lbs) dan bahkan saat lap time lebih penting daripada kecepatan tertinggi semata, output gabungan dapat melesatkan McLaren 620R ini dari 0-100 km/jam (62 mph) dalam tempo 2.9 detik saja, sebelum mencapai kecepatan maksimum 200 mph atau 322 km/jam. **MS/ Foto-foto: Dok. McLaren

KOMENTAR (0)