Mercedes-Simplex 1904 Super Langka Segera Dilelang

Mercedes-Simplex 1904 Super Langka Segera Dilelang

Bonhams akan menggelar lelang mobil klasik mereka di ajang The Quail Motorsports Gathering 2016 pada 19 Agustus mendatang, di Quail Lodge & Golf Club, Carmel, California. Rumah lelang kenamaan ini mengumumkan bahwa penjualannya di The Quail akan mencakup sebuah Mercedes-Simplex 28-32 HP Tonneau keluaran 1904 yang sangat langka.

Mercedes-Simplex tergolong kendaraan super-mewah dan paling eksklusif di masanya, dimana saat pertama kali diluncurkan mobil ini dibanderol dengan harga yang sebanding dengan tiga mobil Packard atau delapan Cadillac pada masa itu.

Mercedes-Simplex 1904 Super Langka Segera Dilelang

Selama hidupnya, Mercedes-Simplex yang akan dilelang ini telah belasan kali mengikuti ajang vintage rally London-to-Brighton Run, dan mampu mencapai kecepatan lebih dari 65 mph atau 104 km/jam.

Bonhams juga menambahkan bahwa Mercedes-Simplex ini adalah salah satu dari enam model mobil Mercedes buatan pra-1905 yang masih bertahan hingga saat ini, dan tidak ada satupun dari keenam mobil tersebut yang terjual dalam satu dekade terakhir.

Mercedes-Simplex 1904 Super Langka Segera Dilelang

Katalog Bonhams mencatat bahwa mobil ini dikirimkan oleh Emil Jellinek melalui J.E. Hutton Ltd. di Inggris, untuk seorang pengusaha kayu Richard Bayly, dengan bodywork oleh Thrupp & Maberly. Pada tahun 1908, keluarga Bayly menyumbangkan mobil ini untuk Departemen Perang dan digunakan dalam dinas militer di Front Barat di Perancis pada masa Perang Dunia I.

Seusai perang, mobil kemudian dijual ke seorang petani Inggris, sebelum kolektor mobil kenamaan Oliver Gray mengambil alih kepemilikan mobil pada 1970-an. Gray merestorasi mobil ini pada tahun 1983, dimana ia kemudian sering berpartisipasi dalam reli London-to-Brighton Run.

Mercedes-Simplex 1904 Super Langka Segera Dilelang

Bonhams telah menetapkan nilai pra-lelang untuk Mercedes-Simplex super langka ini senilai USD 2.5 hingga 3 juta, atau kisaran Rp 32,9 hingga 39,5 miliar. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik disini. **MS/ Image credit: Bonhams

TAGS

KOMENTAR (0)