PLN Segera Bangun SPKLU di Jayapura

PLN Segera Bangun SPKLU di Jayapura

Dalam upaya mendorong percepatan era kendaraan bermotor listrik nasional, PT PLN (Persero) berencana membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jayapura pada akhir 2021.

Abdul Farid, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) mengatakan, penciptaan satu unit fasilitas tersebut merupakan keseriusan pemerintah dalam menyongsong era elektrifikasi. Karena tahun depan, PLN juga akan berkerja sama dengan pemerintah (Pemda) sejalan dengan komitmen Pemda setempat untuk mulai menggunakan kendaraan listrik sebagai alat transportasi dinas.

PLN Segera Bangun SPKLU di Jayapura

Selain itu, PLN juga berencana melakukan kerja sama dengan beberapa pusat perbelanjaan di kota besar Papua dan Papua Barat. Sehingga, penciptaan atas ekosistem elektrifikasi bisa lebih optimal. Di antaranya yaitu Mall Jayapura, Manokwari City Mall, Merauke Town Square, serta Diana Mall Timika, dengan skema PLN akan memasok listrik untuk SPKLU yang akan dibangun oleh pihak pusat perbelanjaan

Sebelumnya, PLN membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 SPKLU sepanjang 2021. Perseroan menyiapkan skema bisnis dan insentif menarik bagi investor yang ingin bergabung. Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan peluang bisnis SPKLU ini memiliki prospek cukup menggiurkan mengingat tren penjualan mobil listrik terus meningkat.

PLN Segera Bangun SPKLU di Jayapura

Pada 2020 penjualan mobil listrik naik 46 persen, berbanding terbalik dengan mobil konvensional yang justru penjualannya menurun hingga 14 persen. Ditambah hasil riset juga menunjukkan minat masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik berada di atas rata-rata keinginan warga negara lain di kawasan Asia Tenggara.

KOMENTAR (0)