Sirkuit Nürburgring Resmi Terjual 102 Juta Euro

Sirkuit Nürburgring Resmi Terjual 102 Juta Euro

Sirkuit bersejarah Nürburgring baru-baru ini telah resmi dijual pada Capricorn Development, produsen spare part mobil yang berbasis di Düsseldorf, Jerman.

Capricorn Development mengajukan penawaran pada menit terakhir untuk membeli sirkuit tersebut seharga 77 juta euro (sekira Rp 1,2 trilyun), dan berkomitmen untuk menginvestasikan lagi 25 juta euro (Rp 394 miliar) pada trek balap terkenal itu. Ini membuat total penjualan dan investasi yang akan dilakukan Capricorn senilai 102 juta euro atau sekira 1,6 trilyun rupiah.

Sirkuit Nürburgring Resmi Terjual 102 Juta Euro

Capricorn akan mengambil kepemilikan penuh Nürburgring pada tanggal 1 Januari 2015 mendatang. Dalam konferensi pers penjualan sirkuit ini, dikatakan bahwa balap mobil tetap akan menjadi titik fokus dari kepemilikan baru Nürburgring, dan treknya pun akan tetap terbuka untuk umum.

Capicorn juga ingin bekerja dengan berbagai perusahaan terkait untuk menciptakan pusat teknologi dan membawa lebih banyak industri ke wilayah Nürburgring. Perusahaan ini sudah memiliki kantor di ‘The Ring’, dimana mereka memasok komponen ringan untuk automakers dan tim balap mobil yang berlaga disana.

Sirkuit Nürburgring Resmi Terjual 102 Juta Euro

Penawaran Capricorn Development benar-benar tiba di menit terakhir penjualan. Capricorn mengalahkan HIG Capital –yang kabarnya menawarkan antara 60 hingga 70 juta euro (Rp 944 miliar hingga 1,1 trilyun), dengan janji untuk membuat pengembangan bisnis baru di sirkuit tersebut.

Pertanyaan utama yang tersisa adalah apakah Formula 1 Grand Prix bisa tetap dilakukan disana. Namun, meskipun terlalu dini untuk memastikannya, Capricorn Development mengatakan bahwa balapan Formula 1 adalah ‘nyawa’ dari Nürburgring, seperti dikutip dari Rhein Zeitung. Setidaknya, masih ada kemungkinan Grand Prix tetap akan dilakukan disana.

Sirkuit Nürburgring Resmi Terjual 102 Juta Euro

Setelah setahun dinyatakan pailit, salah satu sirkuit balap terbesar di dunia ini akhirnya tetap berada di tangan Jerman. Jika Capricorn tetap berpegang pada janji mereka, maka sejarah Nürburgring bisa jadi akan lebih baik di tangan mereka. Long live ‘The Ring’! **MS

TAGS

KOMENTAR (0)