Toyota GR Yaris ‘Hot Hatch’ Debut di Tokyo Auto Salon 2020

Toyota GR Yaris 'Hot Hatch' Debut di Tokyo Auto Salon 2020

Toyota secara resmi meluncurkan GR Yaris, model ‘hot-hatch’ terbaru berkekuatan 257 bhp di ajang Tokyo Auto Salon 2020 yang digelar pada 10-12 Januari lalu. Mobil dibangun berdasarkan pengetahuan yang telah dikembangkan dari program Toyota di World Rally Championship.

Mesin berpenggerak empat roda yang sangat dinantikan oleh pecinta Toyota GR Yaris telah dikembangkan oleh tim Gazoo Racing di Jepang sebagai ‘homologation special‘ untuk membantu pengembangan Yaris WRC generasi mendatang. Tommi Mäkinen Racing, yang menjalankan program WRC Toyota, juga memiliki input signifikan pada model ini.

Toyota GR Yaris 'Hot Hatch' Debut di Tokyo Auto Salon 2020

GR Yaris akan bergabung dengan GR Supra dalam jajaran mobil performa Toyota yang terus berkembang. Pada peluncurannya, bos Gazoo Racing Shigeki Tomoyama mengatakan, “Sementara GR Supra adalah mobil sport yang dikembangkan melalui trek balap, GR Yaris telah dirancang melalui partisipasi kami dalam ajang reli, sesuatu yang telah dinantikan oleh banyak penggemar kami.”

GR Yaris dibangun di atas platform khusus dari arsitektur TNGA Toyota, dengan platform depan GA-B, seperti yang digunakan pada Yaris dan bagian belakang dari platform GA-C, seperti yang digunakan pada model Corolla.

Toyota GR Yaris 'Hot Hatch' Debut di Tokyo Auto Salon 2020

Dibandingkan dengan Yaris versi standard, model terbaru ini memiliki desain bodi yang berbeda, dengan atap yang lebih rendah, tiga pintu dan bodywork yang dikerjakan ulang untuk membantu aerodinamika layaknya mobil reli.

Toyota GR Yaris juga memiliki panjang 3.9 m dan lebar 1.8 m, dengan jarak sumbu roda 2.5 m. Track depan adalah 1.5 m, dengan 1.5 m belakang.

Toyota GR Yaris 'Hot Hatch' Debut di Tokyo Auto Salon 2020

Pada sisi bodywork, GR Yaris memanfaatkan polimer carbonfiber dan aluminium untuk mengurangi berat. Ini juga termasuk track belakang yang jauh lebih luas ketimbang Yaris standard, bersama dengan suspensi belakang double wishbone baru. Mobil memiliki bobot 1280 kg.

GR Yaris akan dipasarkan di Inggris pada akhir tahun 2020. Pre-order telah dibuka untuk mobil asal Jepang ini, di mana pada awalnya akan ditawarkan sebagai First Edition RZ yang dikelola secara terbatas dan trim First Edition RZ High Performance. Kedua model ini berfitur pengembangan desain bodywork dan elemen, bersama dengan fitur desain lainnya.

Toyota GR Yaris 'Hot Hatch' Debut di Tokyo Auto Salon 2020

Sementara harga untuk pasaran Inggris masih belum dikonfirmasi, di negara asalnya Jepang, First Edition RZ ini kabarnya bakal dibanderol sekitar 3,96 juta yen atau kisaran Rp 500 jutaan. **MS

KOMENTAR (0)