Panasonic Akan Perkuat Investasi Manufaktur Baterai Mobil Listrik Di AS

Panasonic Akan Perkuat Investasi Manufaktur Baterai Mobil Listrik Di AS

Setelah mengumumkan rencana pembangunan fasilitas manufaktur baterai di negara bagian Kansas dengan dana investasi $4 milyar pada Juli 2022 lalu, Panasonic Holdings Corp. nampaknya akan membangun satu fasilitas manufaktur lainnya di Amerika Serikat.

Berkaitan dengan rencana tersebut, pemasok utama baterai bagi mobil listrik Tesla tersebut saat ini tengah melakukan pembicaraan dengan sejumlah pihak terkait. Nilai investasi yang bakal dikucurkan raksasa industri elektronika asal Jepang tersebut kemungkinan nilainya setara dengan rencana investasi di Kansas yakni di kisaran $4 milyar. Lokasi kedua yang dibidik oleh Panasonic sebagai basis produksi baterai adalah di wilayah negara bagian Oklahoma.

Jika rencana pembangunan kedua pabrik tersebut yakni di Kansas dan Oklahoma dapat segera terealisasi, maka pasokan baterai bagi lini produksi Tesla di fasilitas manufaktur Gigafactory di Austin, Texas akan terjamin dan Tesla dapat menggenjot kapasitas produksi kendaraan mereka.

Panasonic Akan Perkuat Investasi Manufaktur Baterai Mobil Listrik Di AS

Panasonic telah menjalin kerjasama dengan Tesla selama satu dekade dan memasok baterai bagi mobil Tesla sejak pertamakali diproduksi dan dipasarkan di Amerika Serikat.

Dengan adanya rencana investasi besar yang akan dilakukan Panasonic di Amerika Serikat, maka akan terbuka potensi lapangan pekerjaan padat karya yang cukup besar bagi rakyat Amerika Serikat.

KOMENTAR (0)