Brad Binder Cetak Sejarah Bersama KTM

Brad Binder Cetak Sejarah Bersama KTM

Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder, tampil luar biasa pada MotoGP Ceko 2020 yang digelar di Sirkuit Brno, Minggu (9/8/2020) malam WIB. Brad Binder yang memulai balapan dari posisi ketujuh sukses menjuarai MotoGP Ceko 2020 dengan catatan waktu 41 menit 38,764 detik. Ini merupakan kemenangan perdana Brad Binder di MotoGP. Musim lalu, pebalap berusia 24 tahun itu masih berlaga di ajang Moto2. Pada Moto2 2019, Binder tampil sebagai runner-up di bawah sang juara dunia, Alex Marquez, yang saat ini membela Repsol Honda bersama sang kakak, Marc Marquez.

Brad Binder Cetak Sejarah Bersama KTM

Seusai tampil bagus di Moto2, Binder pun naik kelas ke MotoGP dengan memperkuat tim pabrikan KTM. Pada dua balapan awal musim yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, Binder sejatinya tidak meraih hasil memuaskan. Ia hanya mampu finis di urutan ke-13 GP Spanyol kemudian gagal finis di GP Andalusia. Namun, dua hasil buruk di Jerez itu berhasil ia bayar lunas pada MotoGP Ceko 2020. Rider asal Afrika Selatan itu menjadi rookie pertama yang mampu menjuarai balapan kelas premier setelah kali terakhir Marc Marquez (Repsol Honda) melakukannya pada MotoGP Americas 2013 di Austin. Pemuda kelahiran Potchefstroom itu pun tercatat sebagai pebalap Afrika Selatan pertama yang mampu memenangi balapan MotoGP.

Brad Binder Cetak Sejarah Bersama KTM

Kemenangan Brad Binder di GP Ceko juga membuat lagu kebangsaan Afrika Selatan berkumandang untuk kali pertama di akhir balapan MotoGP. Tak hanya itu, Brad Binder juga menorehkan sejarah lainnya bersama KTM, karena kemenangan di MotoGP Ceko 2020 merupakan yang pertama bagi pabrikan asal Austria tersebut. Selain itu, kemenangan di Brno juga menjadi podium perdana KTM di balapan kering alias dry race.

Brad Binder Cetak Sejarah Bersama KTM

Pada MotoGP Valencia 2018 lalu, KTM sejatinya sukses merebut podium ketiga melalui Pol Espargaro, tetapi saat itu balapan dilangsungkan saat hujan. Namun kali ini, berbeda dengan Binder yang tampil sebagai juara, Pol Espargaro justru mengalami nasib apes pada MotoGP Ceko 2002. Espargaro terjatuh di Tikungan 1 lap ke-10 seusai bersenggolan dengan Johann Zarco. Adapun Brad Binder menjadi juara MotoGP Ceko 2020 setelah mengalahkan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) yang finis di urutan kedua dan Johann Zarco (Reale Avintia Racing) yang berada di posisi ketiga. Brad Binder unggul 5,266 detik atas Morbidelli di urutan kedua, serta berselisih 6,470 detik atas Zarco yang menempati posisi ketiga.

KOMENTAR (0)