Diesel Particulate Filter : Pembersih Gas Buang Mesin Diesel

 

Diesel Particulate Filter : Pembersih Gas Buang Mesin Diesel Semua  mesin diesel modern rata-rata memiliki penyaring partikel diesel (diesel particulate filter, DPF) yang bebas perawatan. Berbekal  fitur  tersebut, maka mobil bermesin  diesel  tidak lagi membutuhkan zat adiktif untuk membersihkan emisi gas buang. Perangkat DPF memungkinkan  proses regenerasi secara  otomatis tanpa mengorbankan  konsumsi bahan bakar, emisi gas buang dan performa.

Perangkat DPF terdiri atas elemen keramik keras dengan struktur mirip  sarang lebah yang terbuat dari silicon carbide. Pada bagian dalamnya terdapat lapisan mikrokopis yang sangat kecil. Melalui sistem ini gas buang disalurkan melalui dinding pada permukaan di mana partikel karbon terkumpul. Selanjutnya partikel yang terkumpul lalu terbakar secara berkesinambungan guna melindungi filter dari pemampatan.

Pada umumnya, sistem DPF tidak dicampur dengan zat aditif pada bahan bakar. Hal itu  bertujuan untuk mengurangi temperatur pengapian yang dipicu proses regenerasi. Sebagai pengganti zat aditif, terdapat  lapisan filter berupa  logam serta  memanfaatkan metode injeksi terbatas untuk meningkatkan temperatur gas pembuangan hasil proses pembakaran pada filter. Biasanya temperatur pengapian tadi mencapai 600°C untuk menjamin semua partikel bisa dibersihkan secara optimal.

 

KOMENTAR (0)