Mobil ‘Facelift’ dan ‘All New’: Apa Sih Bedanya?

Mobil 'Facelift' dan 'All New': Apa Sih Bedanya?

Mobil 'Facelift' dan 'All New': Apa Sih Bedanya?

Bagi Anda yang sering berkecimpung dalam dunia otomotif mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah facelift dan all new.   Namun tidak sedikit  yang merasa bingung dengan kedua istilah tersebut dan menganggapnya sama saja, padahal sangat berbeda. Untuk lebih jelas membedakan antara all new dan facelift, berikut ulasannya.

Mobil 'Facelift' dan 'All New': Apa Sih Bedanya?

Mobil 'Facelift' dan 'All New': Apa Sih Bedanya?

Facelift

Secara umum, facelift adalah penyegaran terhadap penampilan mobil  pada sektor interior maupun eksterior.  Pada dasarnya, facelift tidak mengubah bentuk desain mobil dan interior atau  eksterior yang diubah tampilannya hanya sebagian kecil saja. Bagian mobil yang mengalami facelift biasanya terlihat pada desain  lampu depan, grille dan lampu belakang.  Selain itu, facelift  juga bisa berupa  penambahan  desain baru atau fitur baru. Waktu yang diperlukan untuk melakukan facelift biasanya bervariasi, ada yang setahun, dua tahun, tiga tahun, hingga lima tahun dan tergantung pada bagian  yang diubah.  Facelift  memiliki  tujuan tertentu seperti menjaga  daya pikat produk agar tetap diperhatikan  konsumen.  Alasan lain  facelift adalah mengisi jeda  waktu sampai model terbaru keluar.  Makanya ada mobil yang terus menerus facelift agar tampil menarik karena model barunya belum kunjung  keluar.

Mobil 'Facelift' dan 'All New': Apa Sih Bedanya? Mobil 'Facelift' dan 'All New': Apa Sih Bedanya?

All New (Full Model Change)

Secara umum, all new atau full model change  adalah  sebutan untuk model mobil yang 100% baru dan berbeda dari sebelumnya pada aspek interior maupun eksterior. All new  mengacu pada   model mobil yang  serba baru, mulai dari platform, desain, kode sasis, hingga fitur terbaru.   Proses pengembangan  mobil serba baru  ini  membutuhkan waktu yang relatif lama dan  harus melalui riset mendalam sehingga biayanya sangat mahal. Biasanya, begitu satu full model change keluar, maka produsen mobil sudah membentuk tim riset dan lain-lainnya untuk menyiapkan generasi terbaru berikutnya. Sebagai contoh, persiapan untuk Toyota Kijang Innova yang diluncurkan pada tahun 2004 ternyata sudah dimulai sejak tahun 1998.

TAGS

KOMENTAR (0)