Handling Dan  Roadholding ; Serupa Tapi Tak Sama

Handling Dan  Roadholding ; Serupa Tapi Tak Sama

Jika keduanya disebut serupa tapi tak sama, lalu apa perbedaan antara  “handling” dan “roadholding”? Oke, langsung saja penjelasannya.

Handling

Secara teknis, definisi handling adalah respons kendaraan terhadap input dari pengemudi.  Kualitas handling ditentukan oleh banyak komponen, bukan hanya suspensi dari mobil tersebut. Boleh  disebut, komponen berikut memberikan pengaruh terhadap handling;

1) Sasis dan  body stiffness

2) Bodywork dan  aerodinamika

3) Kemudi

4) Velg dan ban

5) Rem

Mobil yang memiliki  “good handling” memungkinkan pengemudi untuk memberikan respons secara tepat pada berbagai situasi dan kondisi  sambil meminimalkan risiko.

Roadholding

Kalau handling mengacu pada respons kendaraan terhadap input pengemudi, maka roadholding adalah kemampuan suspensi sebuah kendaraan untuk  menjaga  kestabilan pada berbagai kondisi permukaan jalan mulai jalan aspal mulus, jalan rusak, jalan berlubang, jalan tidak rata, hingga sambungan jalan. Dengan demikian, kendaraan yang mendadak tidak stabil  setelah melalui jalan tidak rata menunjukkan  kemampuan roadholding-nya kurang optimal. Dan pada umumnya,  mobil dengan  handling yang bagus tentunya memiliki  roadholding yang bagus.

 

KOMENTAR (0)