Kemudi Geser : Demi Menghapus Kanan dan Kiri

Kemudi Geser : Demi Menghapus Kanan dan Kiri Kemudi Geser : Demi Menghapus Kanan dan Kiri Kemudi Geser : Demi Menghapus Kanan dan Kiri

Baru-baru ini Volvo mempatenkan sistem kemudi berikut instrument cluster yang bisa digeser-geser untuk menghilangkan sistem kemudi kanan (RHD) dan kemudi kiri (LHD). Sejatinya, Volvo sudah mendaftarkan paten tersebut kepada United States Patent and Trademark Office sekitar awal tahun  2019 namun baru dipublikasikan akhir September 2020.

Kemudi Geser : Demi Menghapus Kanan dan Kiri Kemudi Geser : Demi Menghapus Kanan dan Kiri

Sepintas,  kemudi geser terkesan seperti fiksi ilmiah yang sulit dibayangkan. Namun bagi Volvo, hal itu bisa diwujudkan melalui teknologi otonom. Caranya dengan memanfaatkan     komponen by-wire yang meliputi sistem steer-by-wire, brake-by-wire dan throttle-by-wire sehingga tidak ada hubungan fisik  antara kontrol dan sistem dalam operasional kendaraan. Dengan demikian pengemudi cukup menggeser  kemudi dan instrument cluster ke sisi kanan atau kiri atau bahkan membiarkan mobil bekerja secara otonom.  Hebatnya, kemudi bisa diposisikan di tengah-tengah mobil seperti  kemudi McLaren F1. Untuk pedal-pedal,  Volvo menerapkan sistem berupa  pressure-sensitive pad yang mengaktifkan sensor  hidraulik atau  pneumatik yang terpasang pada bagian bawah dashboard.  Sistem tersebut berfungsi secara otomatis sesuai dengan lokasi kemudi yang terpasang.

KOMENTAR (0)