Fiat Oltre : Sang Hummer Asal Italia 

Fiat Oltre : Sang Hummer Asal Italia 

Bicara soal simbol  SUV era tahun 2000-an, tidak ada yang lebih fenomenal dibanding Hummer (Hummer adalah Humvee versi sipil). Kisah  Hummer bermula dari Humvee  yang membuat sejarah ketika beraksi  dalam konflik di Panama 1989 serta Perang Teluk 1991. Kesuksesan  Humvee  mendorong kehadiran Humvee versi sipil dengan nama Hummer yang menciptakan persepsi   sebuah SUV  yang ideal.  Kisah Hummer menginspirasi Fiat untuk membuat SUV serupa. Padahal selama ini Fiat lebih dikenal sebagai pabrikan spesialis mobil kompak (seperti Daihatsu). Hasilnya adalah mobil konsep Fiat Oltre yang tampil dalam event  Bologna Motor Show 2005 dengan sosok  mobil off road besar yang memiliki kemampuan jelajah alam istimewa. Walau disebut mobil konsep, sejatinya  Fiat Oltre lebih pantas menjadi “show car” karena mampu mempesona khalayak melalui kapabilitas lintas alam.

Fiat Oltre : Sang Hummer Asal Italia 

Menilik sejarahnya, Fiat Oltre  memakai basis platform kendaraan militer Iveco LMV hasil kerja sama  Fiat dan  Iveco yang disiapkan untuk tender FCLV bagi militer  Inggris dan Italia. Tidak heran kalau aspek teknis Fiat Oltre  sangat mirip dengan Iveco  LMV, seperti  dimensi (panjang 4.870 mm, lebar   2.200 mm, tinggi 2.050 mm,  wheelbase  3.230 mm), kemampuan jelajah (gradien miring 40%, gradien tanjakan  80%, ground clearance 500 mm,  fording depth  850 mm). Mesin Iveco turbo diesel common rail  3,0 litre,  185 hp dan  456 Nm serta dukungan transmisi otomatis 6-speed menghasilkan  top speed  130 km/jam.

Fiat Oltre : Sang Hummer Asal Italia  Fiat Oltre : Sang Hummer Asal Italia 

Serupa Hummer, Fiat Oltre dilengkapi sistem 4WD  permanen dan suspensi independen dengan  fitur adjustable height plus pengunci diferensial untuk memaksimalkan kemampuan jelajah lintas alam. O iya, kabin Fiat Oltre mampu menampung 4-5 penumpang dan tersedia fitur kenyamanan seperti  sport seat dan perangkat  multimedia. Sayangnya, Fiat  batal  memproduksi Oltre  secara massal karena biaya produksi yang mahal tidak seimbang dengan volume pasar yang (relatif) kecil. Dan Fiat Oltre berakhir sebagai lembaran sejarah bagi Fiat.

 

 

 

KOMENTAR (0)