Berbagai Karya Mastom di ‘Riding With The Wind’ Bali

Berbagai Karya Mastom di 'Riding With The Wind' Bali  Pecinta seni yang sedang berada di Pulau Bali saat ini bisa mengunjungi sebuah pameran bertema otomotif dengan nama Riding With The Wind Vol.2 yang diadakan di Deus Ex Machina, Canggu, Bali. Pameran bertemakan Motorcycle Diary by Mastomcustom ini sudah berlangsung sejak 21 Februari 2020 sampai dengan 22 Maret 2020 mulai dari pukul 09.00-22.00.

Berbagai Karya Mastom di 'Riding With The Wind' Bali  Pada pameran ini Tommy Dwi Djatmiko atau yang lebih akrab disapa dengan Mastom menampilkan beberapa karya miliknya berupa 8 lukisan, 9 karya seni cetak, dan juga 1 karya instalasi.

Berbagai Karya Mastom di 'Riding With The Wind' Bali

Dirinya mengatakan bahwa pameran Riding With The Wind Vol.2 ini merupakan eksebisi pameran yang diselenggarakan sebagai bentuk kecintaan saya terhadap dunia fauna Indonesia. Dan kali ini saya hadirkan sebuah karya instalasi yang diwujudkan dalam sebuah motor custom dengan basis Kawasaki GTO tahun 1981 yang diberi nama “Motor Jalak Bali”.

Berbagai Karya Mastom di 'Riding With The Wind' Bali  “Selama saya hidup di dunia motor dan diberi kesehatan yang baik, saya percaya tak akan kehabisan ide dalam proses kreasi kekaryaan saya, karena segudang cerita bisa saya tuangkan dalam karya seni,” kata Mastom.

Berbagai Karya Mastom di 'Riding With The Wind' Bali

Karya instalasi yang diwujudkan dalam sebuah motor custom dengan basis Kawasaki GTO tahun 1981 yang diberi nama “Motor Jalak Bali” atau dengan istilah “L/R” ini adalah perwujudan esensi dari bentuk dan warna dari burung Jalak Bali yang berwarna Biru Metalik dan Putih.

Berbagai Karya Mastom di 'Riding With The Wind' Bali  Pada tangki bagian kiri motor tertera tulisan “Leucopsar” dan bagian kanan tertera “Rothschildi” yang jika digabungkan menjadi nama latin dari burung Jalak Bali yang ia kagumi sejak masih duduk di Sekolah Dasar. Pada plat nomor balap bagian depan juga tertulis huruf “L/R” yang bermakna ganda. “Leucopsar Rothschildi” bisa juga “Left Right” atau Yin Yang dan Keseimbangan dengan Alam.

Berbagai Karya Mastom di 'Riding With The Wind' Bali  Tidak hanya itu, Mastom juga secara serius mempelajari suara yang dihasilkan oleh burung Jalak Bali dan mengulik suara knalpot dengan memanfaatkan saringan mobil VW sehingga suara yang dihasilkan seperti cuitan dari Burung Jalak Bali. Khusus untuk karya Instalasi ini akan dilelang secara online melalui akun Instagram pribadi miliknya @mastomcustom dan hasilnya akan disumbangkan ke Begawan Foundation yang menangani konservasi burung Jalak Bali.

Berbagai Karya Mastom di 'Riding With The Wind' Bali  Sebelumnya Mastom sukses mengadakan Solo Exhibition  pertamanya di Bandung yang merupakan kota kelahirannya. Riding With The Wind Vol.1 diadakan pada bulan Agustus hingga September 2019 lalu di Galeri Yuliansyah Akbar, Urbane Jl Cigadung Selatan No.5 Bandung.

Berbagai Karya Mastom di 'Riding With The Wind' Bali  Selama satu bulan penuh Mastom melaksanakan sebuah pameran tunggal, karya-karya Mastom yang dipamerkan saat itu sebagian besar sudah berpindah tangan ke para kolektor seni yang hadir termasuk karya instalasi berwujud motor FR 80 atas nama Tino Sidin yang berhasil dilelang dan hasilnya disumbangkan ke Museum Taman Tino Sidin di Bantul, Jawa Tengah di bulan September 2019 tahun lalu.

KOMENTAR (1)

  1. Andra
    29 July 2020

    RESPECT Mas.Tom… keren karya-karyanya… trus berkreasi menjadi yang terbaik