Kemenangan Perdana Suzuki di Endurance 24H Le Mans 2022

Kemenangan Perdana Suzuki di Endurance 24H Le Mans 2022

Para pembalap Yoshimura Suzuki Endurance Racing Team (SERT) Motul meraih kemenangan perdana pada seri pembuka Endurance World Championship (EWC) 24 Heures Motors di Le Mans, Prancis, Minggu dini hari (17/4).

Balapan saat menunjukkan 18 jam selesai, pihak Yoshimura SERT ini berhasil finis terdepan dengan total 627 lap dengan catatan waktu terbaik 1:36,195 detik. Dengan menurunkan trio Gregg Black, Sylvain Guintoli, dan Xavier Simeon di atas GSX-R1000RR ini mereka mencatatkan waktu lap tercepat. Di posisi kedua, ditempati oleh Yamaha Official Team EWC (YART) dengan catatan waktu yang cukup sengit yaitu 1:36,315 detik.

Kemenangan Perdana Suzuki di Endurance 24H Le Mans 2022

“Ini adalah kemenangan yang sangat berbeda dengan tahun 2021. Balapannya sulit. Kami membutuhkan kecepatan, strategi, seluruh tim dengan kerja sama yang sempurna. Konsumsi bahan bakar kami juga lebih baik dari rival kami dan itu menjadi peran penting. Kami telah memberikan segalannya akhir pekan ini, dan hari ini kami bisa bangga pulang dengan membawa trofi,” ungkap Sylvain Guintoli.

Di posisi tiga besar diduduki oleh FCC TSR Honda France usai 12 jam lomba dengan catatan waktu terbaik 1:36,252 detik. Dengan kemenangan yang diraih Suzuki, mereka berhasil membawa pulang 40 poin dan ditambah 23 dari sesi kualifikasi yang memberika Yoshimura SERT total 63 poin. Balapan berikutnya akan diselenggarakan di Belgia pada tanggal 4 dan 5 Juni untuk seri Spa EWC Motors 24 hours.

Kemenangan Perdana Suzuki di Endurance 24H Le Mans 2022

“Podium ini merupakan hasil yang baik untuk memulai musim baru dengan tim baru. Ada beberapa hal hebat selama 24 Heures Motors, seperti memimpin balapan satu menit. Kami beruntung bisa mempertahankan posisi ketiga ini hingga finis. Tapi, secara keseluruhan, itu adalah pengalaman yang sangat positif. Saya sangat senang, kami bisa mengambil poin besar dan memiliki kecepatan yang sangat baik,” ungkap Gino Rea selaku pembalap FCC TSR Honda.

KOMENTAR (0)