Kontribusi Suzuki Dalam Pengembangan SDM yang Lebih Unggul

Kontribusi Suzuki Dalam Pengembangan SDM yang Lebih Unggul

PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terhadap Indonesia, Suzuki mengambil langkah untuk fokus dalam mengembangkan program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bentuk Suzuki Peduli Pendidikan dan Suzuki Peduli Lingkungan.

Di dasari dengan belum meratanya kualitas dan fasilitas pendidikan, Suzuki Indonesia mengambil peran untuk membantu mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih unggul dalam mengembangkan industri otomotif Indonesia.

Kontribusi Suzuki Dalam Pengembangan SDM yang Lebih Unggul

Joshi Prasetya, Dept. Head Strategic Planning Department PT SIS mengatakan, salah satu bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat adalah turut berkontribusi ke lingkungan sekitar dan memberikan dukungan berupa barang dan jasa yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Salah satu yang selalu kami kedepankan adalah memberikan edukasi kepada generasi muda mengenai fasilitas dan proses manufaktur mobil dengan berkunjung langsung ke pabrik Suzuki yang tentunya akan memberikan wawasan baru bagi mereka mengenai dunia kerja khususnya industri otomotif,” kata Joshi.

Kontribusi Suzuki Dalam Pengembangan SDM yang Lebih Unggul

Selain memperkenalkan berbagai fasilitas dan manufaktur mobil, Suzuki juga mengambil peran lainnya dalam bentuk kepedulian lainnya dengan mengajak masyarakat menjaga kelestarian lingkungan, terutama laut.

“Suzuki juga selalu memberikan edukasi kepada masyarakat dan generasi muda tentang pentingnya menjaga kelestarian bahari kita. Dan untuk memberikan bukti nyata bagaimana cara menjaga lingkungan, Suzuki juga mengajak peserta yang hadir untuk turut membersihkan sampah yang ada di pantai,” ungkap Joshi.

Sebagai tahap awal dari program Suzuki peduli pendidikan untuk mengenalkan dunia otomotif kepada generasi muda, Suzuki membuka kegiatan Plant Visit atau kunjungan pelajar ke industri pabrik Suzuki.

Kontribusi Suzuki Dalam Pengembangan SDM yang Lebih Unggul

Sejak pertama kali dilakukan, tercatat sudah lebih dari 600 sekolah yang berkunjung atau sekitar 55.000 pelajar yang telah mengikuti program ini dan melihat langsung proses manufaktur hingga budaya dan peraturan yang diterapkan di pabrik Suzuki.

Joshi menjelaskan bahwa seluruh kegiatan yang telah kami lakukan merupakan bentuk tanggung jawab sosial untuk mengedukasi dan memberikan contoh langsung kepada generasi muda.

Kontribusi Suzuki Dalam Pengembangan SDM yang Lebih Unggul

“Tentunya harapan dari adanya kegiatan yang akan terus dilakukan ini adalah memberikan wawasan lebih dan bukti nyata apa yang harus dilakukan untuk menjaga lingkungan dan tentunya untuk pengembangan diri sendiri.” pungkas Joshi.

Program lain dalam kegiatan yang berada di program Suzuki Peduli Pendidikan yaitu Donasi Unit dan Mesin ke sekolah di berbagai daerah di Indonesia. Dan selama periode tahun 2021 hingga 2022, Suzuki telah memberikan 13 material donasi yang terdiri dari mesin CNC (Computer Numerical Control), Mesin Lathe,  dan  compressor ke berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia.

Kontribusi Suzuki Dalam Pengembangan SDM yang Lebih Unggul

Sementara sejak tahun 2014 silam Suzuki Indonesia terus melakukan kegiatan menjaga kelestarian lingkungan yang berkaitan dengan ekosistem perairan, yakni produk OBM (Outboard Motor) sehingga Suzuki juga turut kontribusi untuk menjaga kelestarian lingkungan, melalui kampanye ‘Clean Up The World’.

Setelah 10 tahun melakukan kampanye ini, Suzuki sudah mencatatkan 1.300 orang yang berpartisipasi dan berhasil mengumpulkan 30 ton sampah plastik pada kegiatan yang diusung oleh Suzuki Indonesia di berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

KOMENTAR (0)