American Jeep Auto Club, Pelestari Jeep Willys di Palembang

 

American Jeep Auto Club, Pelestari Jeep Willys di Palembang

Tak sulit mengenali mobil yang satu ini. Bentuknya khas, karoserinya menyerupai kotak dan minimalis. Tak banyak fitur yang melekat, baik eksterior maupun interior. Mobil ini memang dibuat bukan untuk ‘gaya-gayaan’. Namun, meskipun usia mobil ini rata-rata sudah uzur, kini malah banyak digunakan untuk memenuhi hasrat mereka yang menggemarinya.

Itulah Jeep Willys. Mobil khas buatan pabrikan Amerika ini diproduksi cukup lama, dari 1941 hingga 1971. Jeep Willys, pada awalnya, memang dirancang untuk dimanfaatkan sebagai kendaraan perang. Didesain untuk menaklukkan medan berat seperti pegunungan, gurun pasir maupun medan terjal, Jeep Willys sering dikamuflasekan dengan alam, dimana lebih dominan berwarna hijau atau warna gelap lainnya.

American Jeep Auto Club, Pelestari Jeep Willys di Palembang

Di Indonesia sendiri, ternyata penggemar mobil ini cukup banyak. Salah satunya adalah mereka yang tergabung dalam komunitas American Jeep Auto Club. Komunitas ini, merupakan wadah bagi para pecinta dan pengguna Jeep Willys di Kota Palembang.

Berdiri tahun 2010, American Jeep Auto Club telah memiliki anggota sebanyak 30 orang, dan mereka memang rata-rata berdomisili di kota yang terkenal akan kuliner pempeknya tersebut.

American Jeep Auto Club, Pelestari Jeep Willys di Palembang

Menurut Hadi Riswanto, Sekretaris American Jeep Auto Club, masyarakat di Palembang sebenarnya sudah tidak asing dengan mobil Jeep Willys, karena dahulu kendaraan ini sering digunakan sebagai kendaraan truk angkutan barang atau opelet. Namun, kondisinya kini telah berubah. Seiring perkembangan teknologi otomotif, Jeep Willys sudah mulai terpinggirkan, dan banyak yang bernasib terbengkalai di tempat pembuangan besi tua.

“Nah, dengan keberadaan klub ini, kita ingin melestrasikan kendaraan bersajarah ini,” ujar Hadi.

Selain wadah untuk melestarikan mobil Willys, Hadi juga mengatakan komunitas ini sengaja didirikan sebagai sarana berkomunikasi para pecinta Willys. Disini, setiap anggotanya bisa bebas bertukar pikiran mengenai permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam merawat Jeep Willys mereka.

American Jeep Auto Club, Pelestari Jeep Willys di Palembang

Setiap bulannya, American Jeep Auto Club mengadakan acara gathering. Uniknya, di acara kumpul-kumpul tersebut, mereka juga kerap membawa anak dan istri mereka. Hal ini memang sengaja dilakukan, agar hubungan persaudaraan diantara para member bisa lebih erat dan dekat. “Untuk menjalin silaturahmi lebih erat, kita juga mengadakan acara arisan,” imbuh Hadi.

Selain gathering, American Jeep Auto Club juga sering mengadakan kegiatan turing maupun offroad di beberapa wilayah di Palembang. Kegiatan offroad memang sengaja diadakan secara rutin, untuk menguji kehandalan Jeep Willys yang mereka miliki. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)