Bridgestone Indonesia Terus Dukung Program ‘ECOPIA Supports Orangutan’

Bridgestone Indonesia Terus Dukung Program 'ECOPIA Supports Orangutan'

PT Bridgestone Tire Indonesia, anak perusahaan dari produsen ban dan karet terkemuka di dunia, Bridgestone Corporation, lanjutkan komitmennya terhadap lingkungan dan masyarakat melalui program bertajuk ‘ECOPIA Supports Orangutan’ untuk ketiga kalinya.

Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan terhadap pelestarian Orangutan dengan memberikan donasi kepada 2 Orangutan sekaligus pelestarian 1 hektar lahan hutan yang bekerjasama dengan Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS). Kegiatan sosial tersebut sudah diperkenalkan awalnya pada tahun 2012 dan berlanjut pada tahun 2014. Tahun ini, dalam rangka melanjutkan komitmennya terhadap lingkungan, PT Bridgestone Tire Indonesia kembali memberi donasi kepada 2 Orangutan yang bernama Obi dan Elder, serta memberikan sejumlah ban mobil berjenis offroad untuk kegiatan operasional BOS.

Bridgestone Indonesia Terus Dukung Program 'ECOPIA Supports Orangutan'

BOS sendiri merupakan yayasan yang fokus pada pelestarian dan perlindungan Orangutan, khususnya Orangutan Kalimantan di Indonesia. Kegiatannya adalah memberikan pelatihan dan proses rehabilitasi terhadap satwa langka Orangutan sehingga memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk bisa bertahan hidup di hutan secara mandiri. Pada akhirnya, seluruh Orangutan yang direhabilitasi oleh BOS tersebut harus dilepaskan kembali ke habitatnya di hutan belantara yang liar.

Melalui produk ECOPIA yang ramah lingkungan, program ‘ECOPIA Supports Orangutan’ oleh PT Bridgestone Tire Indonesia menjadi produsen ban pertama yang memberikan kontribusi untuk pelestarian satwa unik khas Indonesia, Orangutan. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian PT Bridgestone Tire Indonesia untuk menjadi bagian dalam pelestarian Orangutan yang terancam punah.

Bridgestone Indonesia Terus Dukung Program 'ECOPIA Supports Orangutan'

Kontribusi yang diberikan PT Bridgestone Tire Indonesia terhadap pelestarian Orangutan ini dilandasi pada salah satu produk ban ECOPIA yang ramah lingkungan. Produk ban keluaran Bridgestone ini memberi kontribusi kepada lingkungan dengan memberikan hambatan gulir yang rendah sehingga dapat menekan konsumsi bahan bakar dan juga menekan pembuangan emisi CO2.

President Director PT Bridgestone Tire Indonesia, Yoshikazu Shida, mengatakan, “Ini merupakan kali ketiga PT Bridgestone Tire Indonesia datang ke Samboja, dan kami sangat bangga dapat melanjutkan kembali kontribusi terhadap lingkungan dengan memberikan donasi untuk kelanjutan rehabilitasi 2 Orangutan, si Obi dan si Elder.

Bridgestone Indonesia Terus Dukung Program 'ECOPIA Supports Orangutan'

“Kami berharap donasi kami dapat digunakan secara maksimal oleh BOS dalam rangka untuk memberikan pelatihan ketrampilan yang baik terhadap 2 Orangutan adopsi kami sehingga mereka dikemudian hari memiliki ketrampilan yang mandiri dan memadai pada saat dikembalikan ke rumah mereka di hutan,” tambah Shida. “Donasi kepada rehabilitasi Obi dan Elder sejalan dengan tagline ECOPIA yaitu Save Fuel Go Green. Melalui ECOPIA, Bridgestone akan terus memberikan kontribusi yang berdampak positif bagi pelestarian lingkungan.”

Dalam kesempatan yang sama, Manager BOS, Dr Agus Irwanto, yang dikenal sebagai sosok yang aktif dalam pelestarian dan perlindungan Orangutan Borneo mengatakan, “Luar biasa! Kami sangat bersyukur sekali dan bangga dapat melanjutkan kembali kerjasama dengan PT Bridgestone Tire Indonesia untuk menjadi salah satu donatur bagi Orangutan Borneo kami. Tentunya sumbangan ini akan memberikan dampak berarti bagi keberadaan Orangutan Borneo yang berada di lokasi rehabilitasi Yayasan BOS.”

Bridgestone Indonesia Terus Dukung Program 'ECOPIA Supports Orangutan'

Agus juga menambahkan, bahwa semakin banyak perhatian yang diberikan oleh pihak luar seperti PT Bridgestone Tire Indonesia ini, maka akan semakin mempercepat proses pelestarian dan pelepasan Orangutan Borneo agar mampu bertahan hidup di habitatnya, bahkan akan meningkatkan populasinya di Kalimantan. **MS/ Foto-foto: Dok. Bridgestone Indonesia

TAGS

KOMENTAR (0)