Pininfarina Akhirnya Diakuisisi Tech Mahindra

Pininfarina Akhirnya Diakuisisi Tech Mahindra

Tech Mahindra, yang merupakan anak perusahaan dari raksasa otomotif dari India, Mahindra & Mahindra, baru-baru ini telah menandatangani perjanjian untuk pembelian saham mayoritas di rumah desainn legendaris asal Italia, Pininfarina.

Perusahaan berencana untuk mendapatkan keuntungan dari akuisisi ini dalam beberapa cara. Status Pininfarina sebagai merk global kenamaan akan menambah bobot produk baru Mahindra, sementara rumah desain Italia tersebut juga telah memiliki hubungan baik dengan brand-brand terkemuka seperti Ferrari, Alfa Romeo hingga Maserati.

Pininfarina Akhirnya Diakuisisi Tech Mahindra

Tech Mahindra dalam rilisnya mengatakan, “Ini merupakan kesempatan bagi Tech Mahindra untuk memberi pengaruh konseptualisasi desain dan styling melalui salah satu rumah desain terbaik Eropa.” Dalam akuisisi ini, Pininfarina juga akan tetap menjadi perusahaan independen, dan Paolo Pininfarina akan tetap menduduki posisi sebagai Chairman.

Uniknya, kesepakatan ini tampak tidak biasa, lantaran biasanya perusahaan induk adalah pihak yang membuat akuisisi, sementara Tech Mahindra adalah anak perusahaan dari group Mahindra & Mahindra yang memiliki bisnis IT dan solusi jaringan.

Pininfarina Akhirnya Diakuisisi Tech Mahindra

Namun, perusahaan mengatakan bahwa kesepakatan ini sengaja dilakukan dengan cara ini untuk lebih mempertahankan identitas merk Pininfarina, yang mungkin saja akan hilang jika diakuisisi oleh Mahindra & Mahindra.

Ini adalah akuisisi perusahaan besar, lantaran Pininfarina adalah salah satu rumah desain otomotif yang paling dihormati di dunia. Berbagai desain styling mereka yang ikonik di masa lalu termasuk Maserati Quattroporte, Ferrari Enzo, hingga Fiat 124 Spider.

Pininfarina Akhirnya Diakuisisi Tech Mahindra

Chairman Mahindra Group, Anand Mahindra mengatakan, “Pininfarina akan menambah nilai yang penting bagi portofolio Tech Mahindra untuk jasa rekayasa. Namun, sama pentingnya adalah kenyataan bahwa desain high-end legendaris Pininfarina secara signifikan juga akan meningkatkan kemampuan desain seluruh divisi Mahindra Group.” **MS

TAGS

KOMENTAR (0)