Rayakan ‘Le Mans 24 Hours Race’ di Palexpo GIMS 2014!

Rayakan 'Le Mans 24 Hours Race' di Palexpo GIMS 2014!

Perhelatan otomotif akbar Geneva International Motor Show (GIMS) ke-84, yang akan berlangsung tanggal 6-16 Maret 2014 dan diprediksi mendatangkan sekitar 700.000 pengunjung, akan menyuguhkan sebuah pameran yang luar biasa tahun ini.

Dengan kolaborasi dari ACO (Automobile Club de l’ Ouest) sebagai organizer ‘Le Mans 24 Hours Race’ dan disponsori oleh Rolex, pencatat waktu resmi event tersebut, sebuah special display akan mempertemukan 20 mobil balap Le Mans yang akan menelusuri sejarah balap mobil terbesar di dunia ini.

Rayakan 'Le Mans 24 Hours Race' di Palexpo GIMS 2014!

Ditulis dari rilis resmi ACO, ke-20 mobil balap yang luar biasa dan bersejarah ini akan dipinjamkan oleh Automobile Museum of the Sarthe yang terletak di sirkuit Le Mans, di mana koleksi pribadi mobil-mobil balap ini disimpan. Mobil-mobil ini juga akan ditampilkan untuk merayakan event balapan bersejarah Le Mans ini, yang akan digelar untuk yang ke-82 kalinya pada 14-15 Juni 2014 mendatang.

Rayakan 'Le Mans 24 Hours Race' di Palexpo GIMS 2014!

Ajang balap mobil ini tetap menjadi tes ketahanan terberat bagi teknologi otomotif masa depan, dan akan menjadi sangat penting tahun ini saat Porsche akan kembali berpartisipasi dengan memanfaatkan mobil balap prototipe hibrida mereka yang benar-benar baru, bersaing dengan Audi dan Toyota untuk meraih kemenangan utama. Seluruh kendaraan peserta –baik bertenaga listrik maupun hidrogen– akan bersaing di sirkuit sepanjang 13,6 kilometer, dengan lebih dari 250.000 penonton yang memenuhi arena balap termashyur sepanjang sejarah tersebut.

Rayakan 'Le Mans 24 Hours Race' di Palexpo GIMS 2014!

Le Mans: Acara Olahraga Top Dunia!

Diselenggarakan pertama kalinya pada tahun 1923 melalui inisiatif ACO, ajang balap mobil jarak jauh ini telah menjadi acara yang tidak boleh dilewatkan, mengingat sejarah panjang dan prestasi balap monumental –juga tragedi yang pernah menyelimutinya. ‘Le Mans 24 Hours Race’ bersanding dengan Grand Prix Monaco, Reli Monte-Carlo, serta Indianapolis 500 sebagai ajang balap mobil paling bergengsi (dan paling menantang) di seluruh dunia.

Bahkan, karena intensitas kompetisi yang dihasilkannya telah melegenda, sebuah survei yang dilakukan tahun 2012 oleh American National Geographic Society menempatkan ‘Le Mans 24 Hours Race’ sebagai pemuncak acara olahraga top di dunia, mengalahkan Olimpiade dan Piala Dunia Sepakbola!

Rayakan 'Le Mans 24 Hours Race' di Palexpo GIMS 2014!

Mengenang Masa Lalu

Praktis, tak ada tim balap, produsen mobil dan aksesoris, sponsor, dan –tentu saja, pembalap, yang tak ingin mengecap kemenangan di Le Mans. Ini adalah ajang ketahanan balap mobil dimana semua orang ingin menang!

Karenanya, sebuah hal yang luar biasa bahwa semua yang telah berhasil meraih kemenangan dalam kompetisi ini dan menorehkan nama mereka dalam sejarah Le Mans, akan dirayakan kembali di area seluas 1800 meter persegi di Hall 3 di Palexpo.

Rayakan 'Le Mans 24 Hours Race' di Palexpo GIMS 2014!

Mulai dari Chenard & Walcker yang memenangkan lomba pertama pada tahun 1923, hingga Audi R18 E-Tron Quattro Hybrid yang memenangkan lomba tahun lalu, pengunjung akan disuguhi penampilan dari Bentley Speed Six, Ferrari 166MM, Jaguar (D-type dan XJR9), Ford GT40, Matra 670, Porsche (917, 956 dan GT1), serta Peugeot (905 dan 908), yang akan memberikan pengalaman luar biasa serta membangkitkan rangkaian kenangan masa lalu yang bersejarah.

Rayakan 'Le Mans 24 Hours Race' di Palexpo GIMS 2014!

Sauber Mercedes, Faessler –Kemenangan bagi Swiss!

Swiss, yang telah menurunkan 141 pembalap yang ambil bagian dalam ajang ‘Le Mans 24 Hours Race’ –dengan 31 diantaranya telah mencapai kemenangan dalam berbagai kategori, selalu memiliki kehadiran penting disana.

Pada urutan teratas adalah Sauber Mercedes C9 (mobil disediakan oleh Museum di Hinwil), yang mencapai kemenangan gemilang dan dua finish di Le Mans pada tahun 1989, serta memenangkan dua Kejuaraan Dunia (pembalap dan konstruktor) pada tahun yang sama.

Rayakan 'Le Mans 24 Hours Race' di Palexpo GIMS 2014!

Sementara, untuk urutan yang terbaru (tahun 2012), Audi R18 E-Tron Quattro Hybrid yang memiliki co-driver Marcel Faessler dari Canton of Schwytz, merupakan orang Swiss pertama yang memenangkan keseluruhan kategori di ajang Le Mans (yang telah dua kali dicapainya), dan dinobatkan sebagai ‘World Sports Car Champion’.

Rayakan 'Le Mans 24 Hours Race' di Palexpo GIMS 2014!

Akhirnya, Mazda 787B sang pemenang tahun 1991 pun juga akan berada di sana, dimana mobil ini menjadi satu-satunya mobil Jepang yang mampu meraih kemenangan di Le Mans, meskipun selalu bersaing ketat dengan mobil-mobil balap besutan Toyota. So, jangan lewatkan kehadiran 20 mobil balap Le Mans yang bersejarah ini di Hall 3 Palexpo, Geneva Motor Show 2014! **MS

TAGS

KOMENTAR (0)