VCB Bantu Korban Banjir di Subang

VCB Bantu Korban Banjir di Subang

Setelah menggelar kegiatan baksos membantu korban banjir di Jakarta, kini Volkswagen Club Bandung (VCB) kembali mengadakan kegiatan bakti sosial membantu korban banjir. Kali ini, bantuan diarahkan ke Desa Pamanukan, Kecamatan Pusakan Nusantara, Subang, Jawa Barat, tanggal 21 hingga 23 Januari lalu.

Dalam kegiatan tersebut, klub penggemar mobil Volkswagen itu menerjunkan setidaknya 4 dokter, 4 perawat, serta 5 relawan. Mereka bahu membahu membantu korban banjir di Subang, yang memang ternyata masih belum banyak mendapat bantuan.

VCB Bantu Korban Banjir di Subang

Di Desa Pamanukan itu, VCB mengadakan pengobatan gratis bagi para korban banjir. Menurut Benny Malik, Koordinator Disaster Response Unit Volkswagen Club Bandung, kondisi korban banjir di sana sangat memprihatinkan.

“Banyak korban banjir yang tidak mau mengungsi, padahal ketinggian air sudah mencapai sedada orang dewasa,” ujar Benny. Karenanya, para anggota VCB pun akhirnya tak hanya mendirikan pos pemeriksaan kesehatan, namun juga turun langsung mengobati masyarakat di rumah-rumah mereka dalam kondisi banjir.

“Karena banyak warga yang tidak mau mengungsi, kita langsung mengobati mereka dengan menggunakan perahu,” imbuh Benny.

VCB Bantu Korban Banjir di Subang

Menurut Benny, rata-rata masyarakat di sana mengalami sakit kulit. Ini memang sering terjadi, karena penduduk disana telah satu minggu lamanya terendam banjir. “Untungnya kita juga membawa dokter spesialis kulit, jadi banyak membantu korban banjir,” tutur Benny.

Selain dokter spesialis kulit, mereka juga membawa dua dokter umum dan satu dokter spesialis anak, sementara obat-obatan yang mereka bawa setidaknya dapat mencukupi kebutuhan 1500 pasien.

VCB Bantu Korban Banjir di Subang

Lokasi bencananya sendiri terbilang sangat sempit. Untuk menuju ke lokasi, rombongan VCB harus melewati trek jalan yang berlubang dan licin. Namun untungnya, keempat mobil VW Kombi yang mereka bawa mampu melewati jalur tersebut.

Rencananya, usai mengadakan baksos di Subang, mereka juga berencana untuk mengadakan kegiatan baksos di Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, tanggal 8 dan 9 Februari mendatang. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)