Raihan Positif Toyota Gazoo Racing di Balap Musim 2023

Raihan Positif Toyota Gazoo Racing di Balap Musim 2023

TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) memastikan gelar juara nasional 2023 pertamanya di ajang balap nasional setelah meraih podium pertama Kelas F (Modifikasi), Team A, dan Tandem, bersama podium kedua Kelas A di event penutup Autokhana Kejurnas Slalom 2023 Seri ke-6 di GOR Arcamanik Bandung, Jawa Barat, Sabtu (21/10). Hasil positif tersebut menempatkan pembalap TGRI sebagai Juara Nasional Kelas F, Team A, dan Tandem Autokhana Kejurnas Slalom 2023, ditambah Juara Nasional Kedua Kelas A (Standard).

Raihan positif lainnya dicatatkan dari Seri ke-5 Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2023 di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/10). New Yaris GR Sport kembali mengantarkan pembalap TGRI meraih podium pertama Kejurnas Indonesia Touring Car Race (ITCR) Max 1.600.

Sementara Kejurnas ITCR 1.200 turut mencatatkan prestasi yang sama di mana New Agya GR Sport Gen-1 merebut posisi pertama dan All New Agya GR Sport mendampingi di posisi kedua. Hasil ini kembali membuka peluang TGRI untuk meraih gelar Juara Nasional Kejurnas ITCR Max 1.600 dan ITCR 1.200 tahun ini yang masih menyisakan 2 seri balap.

Raihan Positif Toyota Gazoo Racing di Balap Musim 2023

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor mengatakan, selamat kepada tim TGRI atas gelar juara nasional pertamanya tahun ini. Kami bersyukur performa New Agya GR Sport dapat dimaksimalkan dalam mendukung peslalom TGRI sejak awal musim, meski patut diakui persaingan balap slalom semakit ketat.

“Sinergi pembalap dan teknisi yang solid membuat TGRI dapat meraih gelar Juara Nasional Kelas F, Team A, dan Tandem, bersama Juara Nasional Kedua Kelas A (Standard). Kami juga terkesan atas trial performance All New Agya GR Sport yang diprediksi dapat berbicara banyak tahun depan. Semoga prestasi ini dapat memotivasi tim TGRI untuk menyapu bersih gelar juara nasional Kejurnas Slalom 2024,” kata Anton

Dengan semangat continuous improvement, peslalom TGRI berlaga penuh rasa percaya diri untuk kembali merebut podium pertama. Apalagi pembalap TGRI sudah memiliki chemistry yang kuat dengan New Agya GR Sport yang tahun lalu mengantarkan TGRI mendapatkan beberapa gelar juara nasional. Di Seri ke-6 ini, Anjasara Wahyu meraih podium pertama Kelas F (Modifikasi) dengan catatan waktu tercepat 00:49.703. Sayangnya, rekan satu tim Adrianza Yunial hanya berhasil mencapai posisi kelima dengan catatan waktu 00:51.156.

Raihan Positif Toyota Gazoo Racing di Balap Musim 2023

Tim TGRI sekaligus mencatat rekor tidak terkalahkan Kelas F sepanjang Kejurnas Slalom 2023. Prestasi membanggakan ini menunjukkan performa andal New Agya GR Sport di ajang balap ketangkasan yang membutuhkan powerful race car diperkuat handling akurat dan cekatan saat meliuk di antara cone balap. Kemahiran engineer TGRI menjadikan New Agya GR Sport cepat beradaptasi dengan track lomba yang berbeda setiap serinya dan konsisten mempertahankan performa maksimalnya.

Di Kelas Tandem, kolaborasi solid antara Anjasara dan Adrianza membawa keduanya kembali menempati podium pertama dengan total catatan waktu tercepat 01:46.145. Kekompakan kedua pembalap penuh talenta ini juga dibuktikan dengan raihan juara pertama Kelas Tandem di 5 seri kejurnas slalom musim ini dan hanya turun ke posisi kedua di seri ke-5.

Turun dengan spesifikasi teknis mobil Kelas A3 yang lebih rendah ketimbang kompetitor yang rata-rata berada di Kelas A1, tidak membuat TGRI gentar bahkan bersemangat ketika bertarung di Kelas A. Dengan mengandalkan DNA motorsport TGR yang pantang menyerah, Adrianza Yunial mampu meraih podium kedua dengan catatan waktu 00:45.438, sedangkan Anjasara Wahyu menempati posisi keempat dengan catatan waktu 00:45.454. Prestasi Adrianza secara otomatis membawanya memimpin Kelas A3.

Raihan Positif Toyota Gazoo Racing di Balap Musim 2023

Secara keseluruhan, pembalap TGRI meraih gelar Juara Nasional Kedua Kelas A yang cukup bergengsi karena sangat mengandalkan kemampuan pembalap dan mobil meski dalam kondisi standard. Tidak mau berpuas diri, TGRI menebusnya dengan merebut podium pertama Kelas Team A, di mana Adrianza Yunial, Anjasara Wahyu, dan Herdiko Setyaputra bahu-membahu mencatat waktu tercepat total 05:03.756, sekaligus menempatkan mereka sebagai Juara Nasional Kelas Team A.

All New Agya GR Sport menempati pole position pada sesi kualifikasi di hari Sabtu (21/10), di mana race car yang dikemudikan Amato Rudolph mencatatkan lap time tercepat 01:59.332 di Kejurnas ITCR 1.200. Menggunakan New Agya GR Sport Gen-1, Jordan Johan mencatatkan lap time tercepat ketiga 02:00.329.

Keunggulan performance Sporty Hatchback Toyota tersebut berlanjut saat race day di hari Minggu (22/10). Amato langsung memimpin lomba sejak start. Namun, posisinya turun ke posisi kedua dan bertahan hingga bendera finish dikibarkan dengan catatan waktu total 25:57.680. Jordan yang start dari posisi ke-3 juga tampil penuh semangat, bahkan sanggup memanfaatkan peluang untuk naik ke posisi pertama yang bertahan sampai akhir lomba dengan catatan waktu total 25:56.568.

Raihan Positif Toyota Gazoo Racing di Balap Musim 2023

Chemistry antara pembalap senior TGRI Haridarma Manoppo dan New Yaris sudah begitu kuat sehingga tampil mengesankan mulai dari sesi kualifikasi dengan mencatatkan waktu tercepat 01:49.559. Dominasi New Yaris GR Sport berlanjut saat race day di hari Minggu (22/10) meskipun sirkuit dirundung cuaca sangat panas. Start dari posisi pertama, ia langsung memimpin jalannya lomba. Bermodalkan DNA motorsport Toyota, Haridarma berhasil memenangkan persaingan sengit Kejurnas ITCR 1600 Max dengan catatan waktu total 22:10.767.

KOMENTAR (0)