Horch 853

Horch 853

Horch adalah brand mobil yang diproduksi di Jerman oleh August Horch & Cie, pada awal abad ke-20. Horch adalah leluhur langsung dari perusahaan Audi saat ini, yang menjadi salah satu perusahaan yang tergabung dalam Auto Union bersama DKW dan Wanderer, yang dibentuk pada tahun 1932.

Horch tidak diizinkan membawa namanya sendiri karena dianggap sebagai merk dagang terdaftar di Jerman, jadi ia memanggil perusahaan barunya dengan versi Latin dari namanya: ‘Audi’, yang berarti ‘dengarkan!’.

Horch 853

Walaupun begitu, nama Horch tetap berlanjut sebagai merk yang berbeda dalam grup Auto Union, dan pada 1936 menghasilkan mobil terbaik untuk marque tersebut, Horch 853 Series. Ini adalah serangkaian model mobil mewah ukuran penuh yang sangat mengesankan, dan karena harganya lebih rendah ketimbang saingan Mercedes-nya, segera mencapai angka penjualan yang bagus.

Desain Horch 853 pun tampak sangat cocok dengan citra Jerman yang ‘agak muluk’ dari pertengahan hingga akhir era 1930-an, bahkan mobil disebut-sebut bisa menjadi kendaraan yang paling sempurna untuk mendongkrak gengsi para gangster Chicago di Amerika kala itu.

Horch 853

Mobil mewah yang berbodi bongsor ini bobotnya 5.798 pound (2.630 kg), dibekali mesin S8 berdimensi 301 inci kubik dengan kapasitas 4.984 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 120 hp (89 kW). Ini memungkinkan mobil mencapai kecepatan tertinggi 81 mph atau 130 km/jam.

Horch 853 dibangun layaknya sebuah ‘tank’, yang terbukti menjadi keterampilan yang berguna bagi perusahaan karena kelompok Auto Union segera diperintahkan oleh sang Third Reich Fuehrer (Adolf Hitler, Red.) membuat tank dan kendaraan perang lainnya untuk tentara Jerman saat pecahnya Perang Dunia II.

Horch 853

Ketika perang selesai di tahun 1945, dunia telah berubah. Pabrik Audi tempat dibangunnya mobil mewah ini berada di Zwickau, telah berada di bawah kendali Soviet di Jerman Timur. Hanya sekitar 800 unit Horch 853 dalam berbagai varian termasuk Special Roadster yang stylish, sempat meluncur ke pasaran hingga akhir tahun 1939. **1001 Cars to Dream of Driving Before You Die/MS

KOMENTAR (0)