Karoseri Truk: Menyesuaikan Fungsi

Karoseri Truk: Menyesuaikan Fungsi Sebagai kendaraan niaga andalan para pengusaha untuk mendistribusikan barang ke berbagai tujuan, truk memiliki beragam karoseri sesuai dengan kebutuhan pemakaian. Contohnya, truk untuk mengirim mie instan tentunya berbeda dengan truk untuk mengantarkan air dalam kemasan. Begitu pula truk untuk mengangkut kelapa sawit jelas berlainan dengan truk untuk membawa pupuk atau semen. Nah berikut ini beberapa macam karoseri truk.       Karoseri Truk: Menyesuaikan Fungsi

Cab Chassis

Umumnya, truk yang dikirim dari pabrik perakitan menuju dealer berada dalam kondisi “polos” berupa cab chassis yang terdiri atas kabin (pengemudi dan penumpang) serta rangka sasis kosong. Usai proses jual beli, truk cab chassis kemudian diantar ke pabrik karoseri untuk dibuatkan bak barang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Karoseri Truk: Menyesuaikan Fungsi

Bak Kayu

Di Indonesia, truk dengan bak kayu menjadi salah satu favorit konsumen untuk mengantar  berbagai barang menuju beragam lokasi. Barang yang diangkut sangat bervariasi mulai dari hasil bumi, ternak, kayu, mebel,  batu, hingga pasir. Bak kayu memiliki karakteristik sebagai bak satu arah  karena hanya ada satu pintu untuk  akses bongkar muat barang dari arah belakang. Umumnya bak kayu mempunyai  empat sisi yang setara atau  sedikit melebihi kabin truk.   Karoseri Truk: Menyesuaikan Fungsi

Bak Besi

Memiliki kemiripan bentuk dengan bak kayu, namun bak besi menawarkan kelebihan berupa pintu tiga arah (samping kiri-kanan dan belakang) sehingga  memudahkan akses bongkar muat barang. Bak besi menjadi pilihan untuk keperluan pengangkutan mesin, komponen atau barang  lainnya dengan berat di atas 500 kilogram karena  proses bongkar muat  tidak mungkin dilakukan secara manual dengan tenaga manusia.

Karoseri Truk: Menyesuaikan Fungsi

Flat Deck/Flat Bed/Los Bak

Bak jenis ini  tidak mempunyai penutup pada  semua  sisinya (samping kiri-kanan, atas dan belakang). Di atas sasis truk hanya ada kotak hollow yang terbuat dari lembaran pelat logam dengan  ketebalan  tertentu. Karena  terbuka penuh alias tanpa “rumah”, maka proses bongkar muat barang pada truk flat deck/flat bed/los bak menjadi lebih mudah dan praktis dengan crane atau forklift. Kelebihan lain truk flat deck/flat bed/los bak adalah kemampuan mengangkut barang berat dan panjang semisal beras, kertas, mesin, pelat baja gulung, pipa, pupuk, semen.

 

 

 

 

 

KOMENTAR (0)