Kia Intelligent Manual Transmission: Efisien dan Menyenangkan

 

Kia Intelligent Manual Transmission: Efisien dan Menyenangkan

Saat merilis Rio versi facelift untuk pasar Eropa beberapa waktu lalu, Kia memperkenalkan transmisi manual 6-speed dengan fitur clutch-by-wire yang diberi nama Intelligent Manual Transmission (iMT). Kia meyakini perangkat Intelligent Manual Transmission (iMT) mampu mendongkrak efisiensi dan mereduksi emisi CO2. Walau  sudah ada transmisi otomatis konvensional dan kopling ganda, nyatanya Kia tetap menyediakan transmisi manual untuk mobil yang dipasarkan di Eropa. Alasannya? “Karena para pengemudi di Eropa tetap cinta dengan transmisi manual.”

 

Kia Intelligent Manual Transmission: Efisien dan Menyenangkan

Secara teknis, pada iMT tidak ada selang hidraulik yang menghubungkan antara pedal kopling dan transmisi. Sebagai ganti selang hidraulik, digunakan sensor pada pedal kopling untuk mengatur kinerja aktuator yang mengoperasikan sistem kopling dalam gearbox. Hebatnya, fitur iMT dapat mengendalikan segenap aspek teknis yang terkait dengan transmisi. Contoh, saat mobil mendekati lampu merah dan pengemudi tidak mengoperasikan pedal kopling untuk menetralkan transmisi, maka  iMT memerintahkan sistem mild hybrid untuk mematikan mesin agar bisa menetralkan kopling. Biasanya, pengemudi akan memilih mode “coasting in gear” untuk menurunkan kecepatan mobil tanpa mengerem. Kia mengklaim iMT mempunyai sistem pintar yang mengatur deselerasi.

Kia Intelligent Manual Transmission: Efisien dan Menyenangkan

Jika pengemudi mengoperasikan pedal gas atau pedal rem saat mode coast, maka perangkat integrated starter-generator (ISG) akan menghidupkan mesin. Dan jika kecepatan mobil masih sesuai dengan posisi gear, maka iMT akan mengoperasikan kopling dan pengemudi akan terus mengemudikan mobil tanpa memindahkan posisi gear.  Sistem  hybrid juga memberikan  boost agar mesin tidak tersendat. Kalau laju mobil terlalu lambat sementara gear transmisi berada di posisi tinggi, maka agar tidak tersendat-sendat, maka  iMT akan menetralkan kopling supaya pengemudi dapat memilih gear transmisi yang sesuai. Jika pengemudi mengoperasikan pedal kopling pada mode “coast”, maka  perangkat ISG akan menghidupkan mesin dengan kondisi kopling netral.

Kia Intelligent Manual Transmission: Efisien dan Menyenangkan

Kemampuan iMT untuk mematikan dan menghidupkan mesin memungkinkan reduksi emisi CO2 hingga 3% yang sesuai dengan regulasi di Eropa. Fitur  iMT pertama kali digunakan pada mobil Kia yang dilengkapi Smartstream 48-volt MHEV seperti  Ceed (hatchback) dan Xceed (crossover) dengan mesin  1,6 liter diesel mild hybrid dan  mesin bensin 1,0 liter mild hybrid.

KOMENTAR (0)